Lunasi Utang Kartu Kredit Pakai KTA? Pertimbangkan 5 Hal Ini

2019-07-23 10:05:39

Pada dasarnya kartu kredit memberi manfaat yang optimal jika digunakan secara benar. Namun, pemahaman yang salah mengubah citra kartu kredit menjadi malapetaka yang membawa para nasabah ke gerbang kehancuran finansial. 

Jika selama ini Anda mengenal KTA sebagai opsi dana darurat, tak menutup kemungkinan fasilitas KTA bisa dimanfaatkan untuk melunasi utang kartu kredit yang menumpuk. Namun sebelum membayar utang dengan KTA, wajib mempertimbangkan 5 hal berikut ini:

1. Status Utang

Sebelum mengajukan KTA, pastikan status kredit Anda bagus. Karena jika status kredit buruk, pengajuan KTA pun akan sia-sia. Bank tidak akan memberikan pinjaman dana kepada nasabah yang berstatus kredit buruk.

2. Jangka Waktu Pembayaran

Jangka waktu pembayaran atau tenor KTA berkisar antara 6-36 bulan saja. Setelah ditinjau ternyata Anda bisa mengajukan KTA, maka ambilah tenor KTA sesuai kemampuan bayar. Jika kondisi keuangan belum membaik, Anda bisa mengambil tenor KTA yang paling lama.

3. Keadaan Finansial Saat Ini

KTA adalah utang yang harus dibayar setiap bulan. Ada dua aspek yang memengaruhi jumlah cicilan, yaitu jumlah pinjaman dan tenggang waktu pembayaran. Cicilan yang dibayar sebaiknya sesuai dengan keadaan finansial saat ini.

4. Ambil KTA Bunga Rendah

Tingkat suku bunga KTA bermacam-macam. Mulai dari 0,95-3% per bulan. Cara terbaik untuk melunasi utang kartu kredit adalah dengan mengambil KTA yang bunganya di bawah bunga kartu kredit. Sebaiknya, bayar cicilan kartu kredit secara perlahan sampai semua utang-utang lunas.

5. Biaya Lain-Lain

KTA tidak pernah luput dari biaya lain-lain, seperti biaya administrasi, biaya provisi, dan biaya lainnya. Biaya ini harus dibayarkan setiap bulan bersamaan dengan cicilan KTA. Kalau dihitung secara cermat, jumlah biaya lain-lain ini cukup lumayan. Di luar biaya pelunasan cicilan, ternyata ada biaya lain yang terjadi tanpa Anda sadari, yaitu biaya mengajukan KTA untuk pertama kalinya.

Ingat, KTA Bukan Solusi Utang Kartu Kredit

Perlu Anda ketahui KTA bukan solusi terbaik untuk melunasi utang kartu kredit. Memang utang kartu kredit lunas jika dapat KTA. Namun, di sisi lain, Anda tetap harus membayar cicilan KTA beserta bunganya. Itu sama saja Anda berpindah dari utang ke utang. Karena itu, pertimbangkan segala aspek dengan matang untuk menghindari terjadinya kerugian.

Foto: moneytips.com

Blog terkait

Unduh Sekarang Pinjam Segera
Unduh Sekarang Pinjam Segera