Pahami 6 Berikut Ini sebelum Mengajukan Pinjaman Tanpa Agunan

2019-06-18 15:51:42

Ada berbagai macam jenis pinjaman uang. Di antara yang ada, pinjaman tanpa jaminan atau Kredit Tanpa Agunan (KTA) bisa dibilang merupakan jenis pinjaman yang populer dan jadi pilihan banyak orang karena proses pengajuannya yang tergolong mudah.  

Beda dari lainnya, KTA ini tidak mewajibkan jaminan berupa aset yang dimiliki calon peminjamnya. Melalui sistem kredit seperti ini, calon peminjam tidak akan merasa terbebani saat meminjam dana karena tidak disyaratkan ada jaminan di dalamnya.

Meski begitu, KTA tentunya tidak saja memiliki kelebihan tapi kekurangannya sendiri. Buat yang berencana mengajukan pinjaman tanpa agunan, Anda sebaiknya memahami 6 hal berikut ini seperti dilansir dari Cermati.com.

1. Suku bunga pinjaman tanpa agunan seringkali lebih tinggi

Ketika Anda berencana mengajukan pinjaman tanpa agunan, suku bunga yang diberikan adalah hal pertama yang harus diperhatikan. Ini karena pihak bank atau penyedia jasa pinjaman seringkali memberikan kredit tanpa agunan suku bunga yang lebih tinggi.

Lantaran tidak adanya agunan atau jaminan, pihak bank atau lembaga keuangan penyedia pinjaman karena terdapat risiko yang lebih tinggi pada peminjamnya. Oleh karena itu, mereka membebankan suku bunga yang lebih tinggi.

Anda perlu memikirkan dengan cermat apakah tagihan pinjaman sesuai dengan kemampuan finansial. Jadi perhatikan dengan baik besaran suku bunga yang diberikan pada jenis pinjaman yang satu ini.

2. Skor kredit biasanya harus tinggi dan tepercaya

Pihak bank atau penyedia pinjaman biasanya akan meminta Anda untuk menunjukkan skor kredit yang dimiliki saat mengajukan pinjaman apa pun, termasuk pinjaman tanpa agunan.

Mereka perlu memeriksa skor kredit dengan tujuan menilai tentang kelayakan jumlah pinjaman yang akan Anda ajukan. Hal ini jelas akan mempengaruhi penilaian pihak bank sebagai bahan pertimbangan.

Kondisi finansial Anda tentunya akan diperhatikan pihak bank. Mereka akan menilai seberapa besar kemampuan Anda untuk melunasi tagihan pinjaman tanpa agunan. Jadi, pastikan skor kredit Anda bagus sebelum mengajukan pinjaman tanpa agunan.

3. Komparasikan jasa pinjaman tanpa agunan

Berikutnya Anda perlu membandingkan penyedia jasa pinjaman tanpa agunan yang cocok dengan kebutuhan. Di samping bank, ada juga perusahaan fintech yang menawarkan jasa pinjaman uang tanpa jaminan online.

Menariknya, para penyedia pinjaman uang online menawarkan beragam suku bunga dan keuntungan yang Anda butuhkan. Anda harus memastikan penyedia jasa pinjaman online tanpa agunan yang akan Anda pilih itu terpercaya.

Jika tidak hati-hati, Anda mungkin akan menghadapi masalah beban tagihan yang tinggi. Belum lagi munculnya ancaman dari penagih utang saat memilih jasa pinjaman online ilegal. Selain itu, pilihlah jumlah pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan dan dapat menjaga keamanan Anda saat Anda mengajukan pinjaman.

4. Perhatikan jumlah biaya tambahan

Pinjaman tanpa agunan tentu mengandung risiko bagi pihak pemberi pinjaman. Oleh karena itu, mereka biasanya akan memberikan sejumlah biaya tambahan diluar suku bunga yang tercantum.

Anda perlu mencari tahu seberapa besar biaya ekstra yang dibayar sebelum mengadakan perjanjian pada jenis pinjaman tanpa agunan. Hal ini penting untuk dilakukan agar Anda tidak terbebani utang dari biaya tambahan tersebut.

5. Pastikan Pinjaman Tanpa Agunan itu Satu-satunya Cara

Penyedia jasa pinjaman tanpa agunan bisa jadi tempat yang tepat untuk Anda yang mendapatkan pinjaman dana cepat untuk memenuhi kebutuhan mendesak atau darurat. Misalnya untuk membayar tagihan rumah sakit atau biaya pendidikan yang harus dilunasi.

6. Hindari Meminjam untuk Bayar Utang

Anda perlu menghindari hal terakhir yang satu ini. Ini Lantaran tidak sedikit orang yang mengajukan pinjaman tanpa agunan untuk membayar tagihan utang yang lain. Tindakan yang diistilahkan gali lubang tutup lubang ini hanya akan membuat Anda tidak bisa keluar dari jeratan utang. Pastikan Anda tidak memiliki tagihan lain agar proses pelunasan utang tetap terkendali.

Selain itu, Anda perlu memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku. Pastikan ketentuan dan syarat yang berlaku dibaca dan dipahami dengan betul agar pengajuan pinjaman uang tanpa jaminan tidak dilakukan sembarangan.


Foto: Infokomputer.com

Blog terkait

Unduh Sekarang Pinjam Segera
Unduh Sekarang Pinjam Segera