BCA Optimistis KPR Naik 8% pada Paruh II 2019

2019-07-15 10:58:01

Pada paruh pertama 2019, penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) PT Bank Central Asia Tbk (BCA) tercatat naik tipis di kisaran 3%. Namun di semester berikutnya, KPR bank tersebut diprediksikan akan naik lebih dari dua kali lipat daripada sebelumnya.  

BCA optimistis penyaluran KPR perseroan naik sekitar 8% secara tahunan (year on year/yoy) paruh kedua 2019. Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengakui, pertumbuhan KPR masih belum optimal karena lambatnya permintaan.

"Dua faktor penting yang dipertimbangkan saat seseorang melakukan pembelian rumah adalah DP (down payment) dan besarnya angsuran (yang berkorelasi dengan suku bunga). Sampai dengan akhir Juni growth sekitar 3%, perkiraan akhir tahun sekitar 8%," ucapnya dikutip dari Investor Daily, Senin (15/7/2019).

Jahja mengatakan bahwa uang muka (down payment/DP) dan angsuran yang lebih ringan akan meningkatkan tingginya permintaan KPR dari masyarakat. BCA sendiri dilaporkan akan mencoba meningkatkan permintaan lewat berbagai program sesuai relaksasi rasio loan to value (LTV).

"BCA mencoba mendorong demand dengan memberikan program suku bunga yang menarik pada Februari sampai Mei 2019," ungkapnya.

Seusai masyarakat Indonesia memusatkan perhatian dan menuntaskan kewajibannya pada pemilihan presiden pada April lalu, Jahja berharap permintaan akan meningkat pada semester kedua.

"Kami berharap pada semester kedua ini masyarakat bisa kembali melanjutkan kegiatan bisnisnya, termasuk rencana pembelian atau investasi di bidang properti," ujar dia.

Selain itu, KPR BCA pun dilaporkan sedang mempersiapkan program-program untuk mendukung penjualan para pengembang (developer) pada semester kedua tahun ini.

Lantas Corporate Secretary BCA Jan Hendra menyatakan, kredit konsumer perseroan meningkat 7,7% (yoy) menjadi Rp 140 triliun hingga akhir Maret 2019. Dalam strateginya, BCA bakal memberikan promo suku bunga, sehingga pertumbuhan akan terus berlanjut hingga akhir tahun ini.

"Kami mulai menawarkan promo bunga spesial ulang tahun BCA untuk KPR dan KKB sekitar Februari lalu dan baru selesai. Pertumbuhan ini terutama berasal dari segmen KPR karena nilainya yang besar," pungkasnya.

 

Foto: Okezone

 

Blog terkait

Unduh Sekarang Pinjam Segera
Unduh Sekarang Pinjam Segera