BCA Siap Suntikan Modal Rp700 Miliar untuk Bank Royal

2019-11-07 14:44:08

PT Bank Royal Indonesia sudah resmi menjadi milik PT Bank Central Asia Tbk (BCA) setelah akuisisi terhadap bank tersebut mendapatkan persetujuan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Rencananya, BCA akan menyulap Bank Royal menjadi bank digital pada awal tahun depan.  

Setelah akuisisi yang dirampungkan pada Senin, 4 November lalu, BCA bakal menyuntikan modal ke Bank Royal sebesar Rp700 miliar. Suntikan modal tidak termasuk dalam transaksi akuisisi senilai hampir Rp1 triliun.

"(Ditambah modal) Rp700-an miliar lah," beber Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja, dikutip dari CNN Indonesia, Kamis (6/11).

Dalam keterangannya, Jahja mengatakan suntikan modal itu bertujuan untuk menaikkan kelas Bank Royal dari Bank Umum Kategori Usaha (BUKU) I menjadi BUKU II. Hal itu dilakukan agar Bank Royal bisa fokus ke segmen perbankan digital.

"Kami nanti lihat kebutuhannya, jadi kalau memang butuh untuk cepat ekspansi ya kami akan tambah modal," terangnya.

Untuk diketahui, sebuah bank bisa menjadi BUKU II, bank umum harus memiliki modal inti antara Rp1 triliun-Rp5 triliun. Pasalnya Bank Royal saat diakuisisi BCA memiliki modal inti sekitar Rp300 miliar.

Oleh karena itu, BCA sebagai pemilik baru harus menyuntikkan modal kepada Bank Royal untuk bisa menjadi BUKU II.

Pada 16 April lalu, BCA dan anak usahanya BCA Finance membeli sebanyak 2.872.000 saham Bank Royal dengan nilai transaksi maksimum Rp1 triliun. Pembelian saham ini mewakili seluruh modal yang ditempatkan dan disetor oleh para penjual dalam Bank Royal.

Dalam akuisisi tersebut, BCA menguasai sebanyak 99,99 persen saham Bank Royal. Saham sisanya sebanyak 0,01 persen dimiliki BCA Finance. Adapun akuisisi ini bertujuan melengkapi layanan perbankan BCA.

"Dalam jangka panjang, akuisisi ini juga diharapkan dapat memberikan added value yang berkesinambungan bagi semua stakeholders," kata Direktur BCA Subur Tan.


Foto: Reuters.com

Blog terkait

Unduh Sekarang Pinjam Segera
Unduh Sekarang Pinjam Segera