BCA Targetkan 90% Kartu Debit Sudah Pakai Teknologi Chip

2020-01-13 13:02:27

Sesuai dengan ketentuan dari Bank Indonesia (BI), perbankan harus mengimplementasikan teknologi chip dalam kartu debit yang dikeluarkannya guna memperkuat keamanan dan mencegah terjadinya tindak kejahatan macam skimming.

Sebagai bentuk kepatuhan terhadap ketentuan dari bank sentral Indonesia tersebut, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) telah mengimplementasikan teknologi chip keamanan tersebut ke dalam 20 juta kartu debit pada akhir 2019 lalu.

Jumlah tersebut setara dengan 69 persen dari total kartu yang diterbitkan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 23% kartu debit di antaranya sudah menggunakan logo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

Dalam keterangannya dikutip dari Kontan, Senin (13/1/2020), EVP Secretariat & Corporate Communication BCA Hera F. Haryn mengatakan, pihaknya optimistis kartu debit BCA yang menggunakan teknologi chip tersebut akan mencapai 90% pada akhir 2020 mendatang.

Untuk mendorong implementasi kartu chip, BCA memberikan promo khusus bagi pembelanjaan menggunakan kartu chip BCA. “Kami menyediakan channel-channel penukaran kartu yang lokasinya dekat dengan aktivitas masyarakat,” kata Hera kepada Kontan.co.id, Kamis (9/1)

Di samping terus mengimplementasikan teknologi chip dalam kartu debit, bank swasta yang dimiliki Grup Djarum tersebut juga akan terus berupaya mendorong pertumbuhan jumlah kartu debit.

BCA memasang target pertumbuhan kartu debit lebih dari 10% pada tahun ini. Pertumbuhan tersebut diharapkan berasal dari jumlah rekening dan penambahan fitur transaksi e-commerce di kartu debit.

 

Foto: Istimewa

Blog terkait

Unduh Sekarang Pinjam Segera
Unduh Sekarang Pinjam Segera