BCA dan BRI Catat Lonjakan Permintaan Instrumen Investasi ORI017

2020-07-06 09:38:20

Seperti industri lainnya, pasar keuangan juga tidak luput dari hantaman pandemi Covid-19. Meski begitu, tidak sedikit investor memburu instrumen investasi konservatif seperti Obligasi Negara Ritel (ORI) Seri ORI017.

Betapa tidak? Menurut data dari Investree, penjualan ORI017 secara nasional tercatat mencapai Rp 11,77 triliun. Angkanya penjualan instrumen melampaui target pemerintah yakni sebesar Rp 10 triliun.

PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) yang merupakan salah satu mitra distribusi ORI017 mencatat adanya lonjakan yang signifikan terhadap permintaan instrumen investasi tersebut.

mengatakan penjualan ORI017 di BCA juga menunjukkan tren permintaan yang tinggi. Ini tidak lepas dari naiknya transaksi di aplikasi WELMA BCA. Hingga 2 Juli 2020, bank swasta terbesar di Tanah Air itu mencatat total pemesanan ORI017 mencapai Rp 2,7 triliun.

"Kami mencermati permintaan yang tinggi atas pembelian ORI017 didasarkan pada pola masyarakat yang cenderung beralih ke instrumen investasi yang lebih konservatif di tengah situasi pandemi Covid-19," ungkap Senior Executive Vice President Wealth Management BCA Christine Setyabudhi Christine, dikutip dari Kontan, Senin (6/7).

Selain BCA, bank lain yang mencatat tingginya permintaan terhadap ORI017 adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI).

Handayani, Direktur Konsumer Bank BRI mengatakan kenaikan permintaan ORI017 yang signifikan terlihat dari angka penjualan yang hampir mencapai Rp 1 triliun pada Jumat (3/7).

Padahal, BRI hanya menargetkan jumlahnya tak kurang dari Rp 500 miliar. Namun ternyata mereka mengalami oversubscribe hampir dua kali lipat. "Sepertinya permintaan hingga penutupan masih akan terus bertambah," lanjut dia.

Tingginya permintaan terhadap investasi ORI017 bukan tanpa alasan. Investasi ini punya nilai imbal hasil yang sangat menarik bila dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya karena menawarkan kupon sebesar  6,4% per tahun.

 

Foto: Void.id

Blog terkait

Unduh Sekarang Pinjam Segera
Unduh Sekarang Pinjam Segera