BRI Dukung Pemberdayaan Perempuan di Bidang Teknologi

2019-12-03 10:34:22

PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) terus menunjukkan komitmennya dalam upaya mendukung inklusi financial dan inklusi ekonomi dengan memanfaatkan teknologi.

Salah satunya melalui keberadaan BRI Satellite (BRIsat) yang telah diluncurkan sejak 18 Juni 2016 lalu di Guyana Perancis. BRIsat menjadikan BRI sebagai bank pertama dan satu satunya di dunia yang memiliki dan mengoperasikan satelit sendiri.

"Dengan satelit BRI mampu mengakses masyarakat Indonesia di segala penjuru untuk mendapatkan layanan keuangan. Finansial inklusi bisa terwujud untuk semua orang karena hadirnya satelit BRI,"papar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (2/12/2019), dilansir via Liputan6.

Tidak hanya itu, BRI juga mendorong pemberdayaan perempuan atau women empowerment di bidang teknologi. salah satu Spacecraft Operation and Engineering BRIsat adalah seorang perempuan muda bernama Pratiwi Kusumawardani. Perempuan 26 tahun ini bertugas menjaga supaya orbit satelit sesuai pada posisi yang seharusnya.

Baru-baru ini, alumnus program master teknik penerbangan Institut Teknologi Bandung (ITB) ini mengharumkan nama Indonesia dan BRI dalam program International Visitor Leadership Programme (IVLP) #HiddenNoMore Women In Science Technology Engineering and Math (STEM). 

Pratiwi terpilih mewakili Indonesia bersama 49 perempuan lainnya dari 49 negara. Yang menarik, pemilihan kandidat program ini sepenuhnya dilakukan oleh pemerintah Amerika Serikat (AS).

“Jadi ini program pemerintah AS untuk 50 peserta dari berbagai negara. Satu negara satu orang. Mereka sendiri yang mencari kandidatnya. Jadi saya tidak apply, tapi tiba-tiba dihubungi pihak US Embassy untuk mengikuti proses selanjutnya. Karena kandidatnya tidak Cuma saya,”jelas alumnus jurusan astronomi ITB tersebut.

Perempuan berjilbab tersebut menuturkan, program tersebut memang bertujuan mengeksplorasi praktik terbaik melalui sejumlah pelatihan, dan pengembangan, untuk perempuan yang kurang terwakili di STEM.

“Sehingga nantinya kita diharapkan belajar bagaimana kita dapat melembagakan peluang bagi perempuan di negara kita sendiri,”jelasnya.

Foto: Istimewa

Blog terkait

Unduh Sekarang Pinjam Segera
Unduh Sekarang Pinjam Segera