BRI Jadi Emiten dengan Laba Paling Besar di 10 Besar

2019-06-11 13:03:55

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) berhasil menjadi emiten dengan kapitalisasi pasar saham paling besar yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI), menyusul mereka sudah melaporkan kinerja keuangannya.

Sebagaimana diwartakan CNBC Indonesia, Selasa (11/6/2019), Bank BRI berhasil membukukan laba atau keuntungan paling tinggi dengan nilai mencapai Rp 8,16 triliun di 10 besar emiten.

Perolehan laba yang dikantongi Bank BRI sangat mengesankan. Salah satu bank milik pemerintah tersebut meraup laba hingga Rp 90,71 miliar setiap hari bisa. Penghitungan berdasarkan laba yang dibukukan pada kuartal I-2019 dibagi 90 hari.

Laba bersih yang dimiliki BRI jauh meninggalkan para pesaingnya, seperti Bank Mandiri dengan laba Rp 80,36 miliar/hari, BCA dengan laba Rp 67,35 miliar/hari, dan BNI dengan laba Rp 45,28 miliar/hari.

Meski mengantongi laba paling besar, nilai kapitalisasi saham BRI tidak serta merta juga paling tinggi. Nilai kapitalisasi sahamnya kalah tinggi dibandingkan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), yang punya nilai kapitalisasi saham sebesar Rp 718 triliun.

Di samping PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), ada dua emiten plat merah lain yang menempati posisi tiga teratas dari segi perolehan keuntungan selama kuartal pertama yaitu PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM).

Sementara itu, PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) dan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) meraup laba bersih masing-masing sebesar Rp 19,43 miliar/hari dan Rp 14,85 miliar/hari.

Meski digempur perusahaan-perusahaan yang marak bermunculan saat ini, Bank BRI mampu menguatkan posisinya sebagai bank dengan nilai kapitalisasi pasar terbesar. Ini tak lepas dari layanan kredit yang ditawarkan kepada ratusan juta UKM.


Foto: Okezone.com

Blog terkait

Unduh Sekarang Pinjam Segera
Unduh Sekarang Pinjam Segera