BRI Luncurkan BRISLP untuk Cetak SDM Unggul dalam Budaya Digital

2020-09-24 16:22:25

Cashcash Pro Blog – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk alias Bank BRI resmi meluncurkan Lembaga Sertifikasi Profesi BRI yang disebut BRILSP. Peluncuran BRISLP merupakan komitmen BRI untuk mengembangkan sumber daya manusia (SDM) yang berdaya saing dan unggul.

Direktur Utama Bank BRI, Sunarso mengatakan pihaknya harus menyiapkan talenta-talenta yang harus memenuhi tiga kriteria unggul. Ini sesuai dengan visi BRI untuk meraih gelar sebagai 'The Most Valuable Bank In South East Asia dan Home to The Best Talent'.

"Yakni memiliki intelegensia capital yang kuat, psychology capital yang baik, dan social capital yang tinggi," kata Sunarso dalam telekonferensi baru-baru ini dikutip dari Viva.co.id, Kamis (24/9/2020).

Sunarso menjelaskan bahwa nasabah yang dilayani oleh BRI adalah sebagian besar merupakan UMKM sehingga biaya operasionalnya pun tinggi. Oleh karena itu, BRI mentransformasikan dua aspek yaitu digital dan culture.

"Jadi kunci dari transformasi itu di culture-nya, di human capital-nya. Membangun human capital itu membangun culture, tidak bisa mengandalkan sinten, tetapi relay pada sistem," jelas dia.

Menurut dia, bekerja di BRI harus menjadi semacam 'game' yang menarik. Dalam hal ini, para pekerja harus saling berkompetisi mengikuti aturan main melalui sistem yang dipersiapkan oleh perusahaan.

"Karena nasib teman-teman semua, dari level atas sampai bawah, itu harusnya bergantung dari dirinya sendiri. Saya ingin semua orang mengeluarkan potensinya," ujar Sunarso.

Pihaknya memastikan bahwa tugas BRI adalah menyiapkan sistem yang dapat memacu para individu pekerja di dalamnya agar mereka bisa saling berkompetisi dalam hal keunggulannya masing-masing.

"Program-programnya adalah membangun sistem, supaya masing-masing individu mampu merencanakan suksesnya sendiri secara transparan dan kredibel," lanjut dia.

Didirikan pada Oktober 2019, BRILSP adalah LSP perbankan pertama telah mendapat Lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Sertfikatnya diakui secara nasional di Indonesia dan Asia Tenggara.

Ada 22 skema uji kompetensi dalam BRISLP, dan 31 asesor yang siap menguji kompetensi dengan target peserta uji sebanyak 33.046. Dalam penerapannya, BRISLP mengacu Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).


Foto: bills.alterra.id

Blog terkait

Unduh Sekarang Pinjam Segera
Unduh Sekarang Pinjam Segera