BRI - OVO Kolaborasi Salurkan Pinjaman untuk UMKM Terdampak Covid-19

2020-11-19 16:24:34

Cashcash Pro PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) akan menyalurkan pinjaman modal kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdampak pandemi covid-19 dengan menggandeng fintech yakni OVO.

Kerja sama dengan OVO dilakukan BRI bertujuan untuk mendekatkan UMKM kepada akses pembiayaan agar bisa bertahan dan bangkit dalam menjalankan usahanya di tengah pandemi.

Pihak BRI mengatakan pandemi covid-19 mendorong merekk untuk mengembangkan kerja sama dengan lembaga keuangan lainnya.

"Kami pagi ini mau MoU dengan OVO, kami akan melakukan onboarding dengan OVO pagi ini," ucap EVP Card & Digital Lending BRI Wibawa Prasetyawan dalam diskusi FinTech Talk: Digital Lending untuk Membantu UMKM dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional dilansir dari CNN Indonesia, Kamis (19/11).

Wibawa menambahkan, kerja sama tersebut akan disinergikan dengan program Digital Kredit UMKM (digiKU), program kerja sama antara Himpunan Bank Negara (Himbara) dengan Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi dan Kementerian Koordinator Perekonomian untuk memberikan fasilitas pinjaman melalui platform daring kepada pelaku UMKM.

Per 23 Oktober 2020, digiKu disebutkan telah menyalurkan pinjaman sebesar Rp360,40 miliar yang disalurkan kepada 35.158 debitur UMKM. Sedangkan total plafon pinjaman yang telah disetujui mencapai Rp959,49 miliar.

Sebagai informasi, layanan digiKu bisa diakses melalui beberapa e-commerce dan layanan dompet digital seperti Gojek, Traveloka, Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak, serta OVO, Blibli, Lazada, dan Dana akan menyusul kemudian.

Sementara itu, VP Lending OVO Natasha Ardiani mengatakan produk ini rencananya akan diluncurkan pada akhir tahun ini dan bisa diakses oleh lebih dari 550 ribu pelaku UMKM di ekosistem OVO.

"Kolaborasi ini merupakan kerja sama antara bank dan fintech untuk akselerasi transformasi digital yang tentunya dalam hal ini dikhususkan untuk membantu UMKM bangkit dan maju," ujar dia.

Melalui digiKu, pelaku UMKM terdampak pandemi bisa mendapatkan pinjaman modal hingga Rp20 juta, dengan tenor pinjaman mulai 1 bulan hingga 12 bulan.

Foto: Ist.

Blog terkait

Unduh Sekarang Pinjam Segera
Unduh Sekarang Pinjam Segera