BRI Tingkatkan Penyaluran Pinjaman lewat CERIA di Masa Pandemi

2020-06-29 09:25:00

Pandemi Corona (Covid-19) sejatinya membuat kondisi ekonomi mengalami penurunan. Namun PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI) memandang hal tersebut sebaliknya.

Malahan di tengah pandemi, bank pelat merah beraset terbesar di Tanah Air tersebut meningkatkan penyaluran kredit melalui pinjaman online besutannya, CERIA. BRI menilai, pandemi Covid-19 membuat masyarakat berkreasi sehingga memunculkan sejumlah entrepreneur baru.

BRI memanfaatkan tren ini dengan memberikan kemudahan kredit untuk calon pengusaha. Namun perseroan tidak mengungkapkan secara rinci berapa besaran peningkatan pinjaman melalui CERIA.

Sejak diluncurkan pada akhir Januari 2020 lalu, CERIA mencatat jumlah penggunanya mengalami kenaikan signifikan. Dalam 3 bulan setelah Maret 2020, aplikasinya sudah diunduh sebanyak 260.000 kali.

Dalam layana pinjolnya, BRI mematok suku bunga sebesar 1 persen per bulan. Menariknya tenor pinjaman jangka pendek di bawah 30 hari, peminjam akan akan dikenakan bunga.

Apabila tenor pinjaman melebihi batas waktu pembayaran jatuh tempo, peminjam akan dibebankan bunga ringan.

"Jadi cepat sekali, kami senang dalam aktu singkat bisa berikan shortterm funding untuk pembiayaan UMKM dan bisa menjadi bagian untuk menolong bisnis mereka untuk bertumbuh," ujar Direktur Konsumer BRI Handayani dalam live talks BRImo, Minggu dikutip dari Bisnis.com, Senin (29/6/2020).

Menurut dia, banyak peluang bisnis baru karena pandemi Covid-19. “Mereka pun perlu finnacial support dengan tempo yang tidak lama, butuh pinjaman tenor 3 minggu atau 2 minggu karena orderan banyak, kami siapkan digital lending," lanjutnya.

Layanan lain yang ditawarkan oleh BRI adalah bayar kemudian (pay later), Dengan layanan ini, UMKM dapat melakukan pembayaran dengan leluasa dan bisa mengatur aliran kas.

 

Foto: Ist.

Blog terkait

Unduh Sekarang Pinjam Segera
Unduh Sekarang Pinjam Segera