Menteri Keuangan Sri Mulyani Tugaskan BRI Salurkan Kredit Rp 122 Triliun

2020-06-30 14:03:02

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI) mendapatkan arahan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani terkait penyaluran kredit dengan nilai mencapai ratusan triliun rupiah.

Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan tugas kepada bank pelat merah beraset terbesar di Indonesia itu untuk menyalurkan kredit senilai Rp122,5 triliun dalam 6 bulan ke depan.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Keuangan dalam Rapat Dengar Pendapat di Komisi XI DPR RI. Dalam rapat tersebut, Sri Mulyani mengatakan tugas kepada bank BUMN adalaj upaya pelaksanaan program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

"Untuk BRI, ekspansi kredit difokuskan kepada segmen UMKM," ujar dia sebagaimana dikutip dari Tempo, Selasa (30/6/2020).

Sebagai perbankan anggota Himpunan Bank Negara (Himbara), BRI mendapatkan tugas sesuai spesifikasinya

Sri Mulyani mengungkapkan rencana ekspansi kredit BRI senilai Rp122,5 triliun selama 6 bulan tersebut sebagian besar akan disalurkan kepada  segmen mikro sebanyak 88,87 persen, atau Rp108,8 triliun.

Penyaluran kredit sebesar itu disebutkan akan difokuskan pada sektor produksi (non perdagangan) dengan nilai Rp71,32 triliun atau 58,21 persen.

Sementara untuk area penyaluran kredit UMKM, daerah rural mendominasi dengan porsi sebesar Rp69,04 triliun, atau 56,35 persen. Sri Mulyani berharap kredit dari BRI dapat meningkatkan pertumbuhan pedesaan.

 

Foto: Ist.

Blog terkait

Unduh Sekarang Pinjam Segera
Unduh Sekarang Pinjam Segera