Simak Strategi BRI Agro Jadi Bank Digital Tahun Ini

2021-02-19 10:38:48

Cashcash Pro – Sejumlah bank bakal meramaikan industri perbankan digital. Salah satunya yang siap bertransformasi menjadi bank digital adalah PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk (AGRO) atau BRI Agroniaga.

BRI Agroniaga rencananya bakal menjadi bank digital pada tahun ini. Transformasi dari konvensional ke digital bakal dilakukan secara bertahap hingga 2023 mendatang.

Pihak BRI Agroniaga menyebut pengembangan bisnis menjadi digital attacker bank akan dikembangkan untuk memperluas basis bisnis perusahaan, khususnya di sektor mikro.

"Go digital dan tetap fokus di bisnis agri karena kami tidak menjadi bank totally digital, jadi hybrid dulu. Tradisional bisnis model akan tetap ada dan terus turun. Digitalnya akan dikembangkan, ini yang akan dikembangkan dengan layanan digital," kata Direktur Operasional dan Keuangan BRI Agroniaga Arif Wicaksana dalam sebuah webinar Kamis kemarin dilansir dari CNBC Indonesia (19/2/2021).

Terkait peta jalan (roadmap) pengembangan digital, Arif menjelaskan proses persiapan telah dimulai sejak tahun lalu dengan menyiapkan rencana bisnis model barunya.

Sedangkan tahun ini adalah tahapan yang digunakan oleh BRI Agroniaga untuk melihat kesiapan infrastruktur perusahaan untuk menjadi bank yang memberikan layanan digital.

Dan tahun depan, BRI Agroniaga bakal mengembangkan infrastruktur, serta produk yang sesuai dengan layanan. "[Sehingga] 2023 scale up jadi sudah benar-benar lari kencang," tuturnya.

BRI Agroniaga juga telah menyiapkan strategi bisnis untuk layanan digitalnya. Salah satunya adalah bekerjasama dengan kanal-kanal digital untuk mengakuisisi nasabah seperti kerja sama dengan Investree, Modal Rakyat, Restrock dan KoinWorks.

"BRI Agro nantinya akan beyond banking solution, meski fokus di agri tetapi tidak berarti sektor lain tidak dilayani tapi tetap fokus di agri," lanjut Arif.

Strategi lainnya dari BRI Agro adalah mengembangkan teknologi digital saving yang menggunakan teknologi pengenalan wajah (face recognition) dan mengadopsi transaksi melalui QR code.

Foto: Tribunnews.com

Blog terkait

Unduh Sekarang Pinjam Segera
Unduh Sekarang Pinjam Segera