BTN Prioritaskan Rumah Baru sebagai Sumber Permintaan KPR

2019-10-04 14:42:43

Sebagian besar pengajuan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) melalui perbankan termasuk PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. tercatat digunakan untuk membeli rumah baru.

Melihat fakta tersebut, BTN masih memprioritaskan rumah baru sebagai sumber permintaan kredit pemilikan rumah (KPR). Ini mengingat rata-rata pembeli rumah pertama mencari hunian tangan pertama.

Direktur Konsumer BTN Budi Satria mengungkapkan persentase pengajuan KPR di perseroan digunakan untuk membeli rumah baru mencapai lebih kurang 75%. Meski begitu, permintaan KPR termasuk rumah nonsubsidi di bawah Rp500 juta tahun ini tidak sebagus tahun lalu.

“Pembeli rumah pertama ini relatif stabil, terutama mereka yang masuk dalam segmen pasar rumah untuk MBR [masyarakat berpenghasilan rendah],” katanya dikutip Bisnis.com, Jumat (3/10/2019).

Tidak hanya BTN, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. juga menjadikan rumah baru sebagai sumber permintaan KPR. Direktur Bisnis Konsumer BNI Angoro Eko Cahyo mengatakan rumah baru atau bekas memiliki kecenderungan yang serupa tahun ini.

Secara umum industrinya disebutkan tengah melambat, tetapi segmen tertentu masih tumbuh dengan cukup baik. Saat ini daya beli masyarakat berkisar pada harga rumah berkisar kurang dari Rp500 juta, baik untuk pasar primer maupun sekunder.

“Di kelompok inilah pergerakan pasar KPR terus bertumbuh seiring semakin banyaknya keluarga muda butuh KPR baik perdana maupun KPR second,” ungkapnya.

Dalam catatanya, BNI mengungkapkan sebanyak 85% debitur saat ini mengambil KPR untuk membeli rumah baru. Komposisinya diperkirakan tidak akan berubah banyak.

Per Agustus 2019, pertumbuhan permintaan KPR di BNI mencapai lebih dari 9% secara tahunan. Kinerja pasar primer maupun sekunder disebutkan hampir sama baiknya.

“Rata-rata penyaluran Rp800 miliar per bulan. Ini kapasitas terbaik yang bisa kami lakukan di tengah situasi yang volatile saat ini,” pungkas Anggoro.


Foto: Kompas.com

Blog terkait

Unduh Sekarang Pinjam Segera
Unduh Sekarang Pinjam Segera