BTN Siap Bangun Ekosistem KPR Berbasis Digital Tahun Ini

2021-02-23 10:12:58

Cashcash Pro – PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) tengah menyiapkan rencana untuk membangun eksosistem perumahan atau KPR berbasis digital tahun ini sejalan dengan keinginan para pemangku kepentingan agar bank anggota Himbara fokus pada sektornya masing-masing.

Pembangunan ekosistem perumahan berbasis digital bertujuan untuk memudahkan nasabah dalam mengajukan KPR dan transaksi yang berkaitan dengan kebutuhan sehari-hari secara digital.

“BTN sangat serius membangun ekosistem digital ini, melibatkan seluruh pemangku kepentingan dalam proses bisnis perumahan, seperti Notaris, Pengembang, KJPP, PPDP dan pihak-pihak lainnya,” ujar Direktur Operation, IT dan Digital Banking BTN Andi Nirwoto dilansir dari JPNN, Selasa (23/2/2021).

Andi menjelaskan, secara garis besar ide tersebut dituangkan dalam konsep Super Apps BTN untuk ekosistem digital perumahan yang terintegrasi yaitu 'BTN Properti'.

Konsep super apps pada kanal utama “BTN Properti” sendiri adalah konsep 'Integrated Housing Ecosystem Management' yang terdiri dari tiga platform system yang merupakan penerjemahan journey dari ekosistem perumahan, mulai dari aktivitas pengembangan rumah, pembelian rumah, sewa rumah, renovasi rumah, mengisi rumah, hingga kebutuhan penghuni rumah.

Andi mengatakan fokus peningkatan layanan digital banking BTN tahun ini secara langsung akan menunjang pembangunan ekosistem perumahan End to End berbasis digital.

“Jika semua proses berjalan lancar maka tahun ini sebagian functionality pada aplikasi end to end ekosistem perumahan digital ini sudah mulai bisa dicoba. Salah satu modul/proses bisnis terkait yang sedang menunggu izin keluar dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yaitu Online Onboarding,” papar Andi.

Pembangunan ekosistem perumahan secara digital yang direncanakan oleh mendapatkan dukungan dari regulator. Andi berharap izin dari regulator akan segera keluar dalam waktu tidak lama lagi.

Foto: Ist.

Blog terkait

Unduh Sekarang Pinjam Segera
Unduh Sekarang Pinjam Segera