AFTECH Berkomitmen Dukung Penyaluran Bansos Pemerintah

2020-05-22 08:55:04

Asosiasi Fintech Indonesia (Aftech) menyatakan komitmennya untuk mendukung penyaluran program bantuan sosial pemerintah agar tepat sasaran kepada masyarakat yang mengalami dampak pandemi Covid-19.

Program-program bantuan sosial dari pemerintah mencakup Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Prakerja, bantuan sosiasi, stimulus UMKM mikro dan ultra mikro, dan penurunan tarif listrik.

Pasalnya penyaluran program bantuan sosial pemerintah diketahui menghadapi sejumlah tantangan, seperti pencairan dana kepada penerima manfaat yang tepat, penyaluran nilai dan jumlah bantuan yang tepat, dan durasi program.

Bappenas telah menyusun konsep pembayaran G2P (government-to-person) 4.0 berdasarkan Peraturan Presiden No.63/2017 tentang Penyaluran Bantuan Sosial Secara Non Tunai dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-24, melalui koordinasi dan konsultasi dengan para pemangku kepentingan utama.

Terkait hal ini, Aftech secara aktif berdiskusi dengan pemangku kepentingan utama pemerintah seperti Kemenko PMK, Bappenas, TNP2K, Kementerian Sosial, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Riset & Teknologi/BRIN, Bank Indonesia dan OJK, serta Pemerintah Provinsi.

“Tujuan advokasi Aftech terkait G2P payment adalah untuk mendukung partisipasi fintech dalam optimalisasi penyaluran program bantuan sosial," ujar Ketua Harian AFTECH Mercy Simorangkir dalam keterangan resminya dikutip dari Bisnis, Jumat (20/5/2020).

Selain itu, Aftech juga menyelenggarakan Webinar bertajuk “G2P Payment 4.0: Fintech & Optimalisasi Penyaluran Program Bantuan Sosial Pemerintah”. Acara ini digelar untuk mendorong optimalisasi penyaluran dana bantuan pemerintah melalui adopsi teknologi keuangan.

Webinar ini dihadiri para tokoh terkemuka seperti Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh, Staff Ahli Menteri bidang Teknologi Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial Andi ZA Dulung, Direktur Perencanaan Kependudukan dan Perlindungan Sosial Kementerian PPN/Bappenas Muhammad Cholifihani.

Selanjutnya ada Kepala Kelompok Kerja Kebijakan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan/TNP2K Elan Satriawan, dan Direktur Utama PT Fintek Karya Nusantara/LinkAja Haryati Lawidjaja.

CEO Dana Vincent Iswara didapuk menjadi moderator diskusi. Dalam penutupan acara, dia menyatakan komitmen tinggi dari fintech untuk mendukung optimalisasi penyaluran program bantuan sosial Pemerintah.


Foto: Ist.

Blog terkait

Unduh Sekarang Pinjam Segera
Unduh Sekarang Pinjam Segera