AFTECH Ungkap Alasan GoPay dan OVO Tumbuh Lebih Cepat

2020-02-13 10:15:09

Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) mengungkapkan alasan mengapa dompet digital seperti OVO dan GoPay mengalami pertumbuhan yang lebih cepat dalam beberapa tahun terakhir.

Director of Marketing Communication & Commynity Development AFTECH Tasa Nugraza Barley mengatakan, GoPay dan OVO mengatakan alasannya karena dompet digital tersebut didukung oleh ekosistem yang kuat dan besar.

“Tapi, penyedia e-money lain juga tumbuh berkembang dengan keunikan dan strategi masing-masing. Masing-masing memiliki target segmentasi yang berbeda, dan tidak bersaing secara langsung dengan GoPay dan OVO,” ujar Tasa dikutip dari Kontan.co.id, Kamis (13/2/2020).

Perkembangan dompet digital yang pesat juga berpengaruh terhadap penggunaan kartu kredit. Pertumbuhan kartu kredit dinilai tak signifikan dan stagnan. Di samping populernya dompet digital, alasan lambatnya pertumbuhan kartu kredit adalah regulasi perbankan yang ketat.

Data dari Bank Indonesia pada November 2019, ada  17,38 juta unit kartu kredit yang beredar. Jumlah ini naik sedikit yaitu 0,65% secara tahunan, dengan kenaikan transaksi dan nilai masing-masing sebesar 4,19% dan 5,32%.

Hal berbanding jauh dibandingkan dengan dompet digital. Pertumbuhan uang elektronik meroket 66,47%, dengan volume transaksi mencapai 356,4 juta dan nilainya mencapai Rp 127 triliun atau naik 21,93%.

“AFTECH melihat perkembangan finetch akan terus berkembang, hal ini bisa dilihat dari pertumbuhan member AFTECH yang sampai saat ini terdapat lebih dari 300 fintech startup sebagai sumber asosiasi,” pungkas Tasa.


Foto: Lifepal.co.id

Blog terkait

Unduh Sekarang Pinjam Segera
Unduh Sekarang Pinjam Segera