Di Masa Depan, Kolaborasi Fintech dan Perbankan Tak Bisa Dihindari

2019-10-07 17:03:37

Aria Widyanto, Director Risk and Sustainability Amartha, mengatakan bahwa kolaborasi dan sinergi antara fintech dan perbankan merupakan dua hal yang tidak bisa dihindari di masa depan.

Hal ini tidak saja dapat menjadi salah satu solusi masa depan bagi industri finansial, tapi juga menjawab tantangan inklusi finansial yang masih relatif rendah di negeri ini dibandingkan dengan negara lain.

“Fintech itu lebih fleksibel dalam memahami kebutuhan dan pelayanan customer. Dengan dukungan teknologi, fintech bisa beradaptasi dengan cepat sesuai customer experience,” katanya dalam keterangannya dikutip dari Liputan6.com, Senin (7/10/2019).

“Sementara bank seperti sebuah entitas besar, yang sangat konservatif dan tidak mampu mengejar perubahan customer experince. Karena itu, di masa depan sinergi keduanya tidak mungkin dihindari,” lanjutnya.

Menurut Aria, ada tuntutan bagi perbankan untuk berinovasi dan berkolaborasi dengan fintech. Ini karena adanya tren penurunan net interest margin (NIM) perbankan dari rata-rata 12 persen pada 10 tahun lalu menjadi rata-rata 5 persen saat ini.

“Di masa depan, fee based income akan menjadi inovasi bank untuk menghasilkan revenue, sehingga kolaborasi dengan fintech sulit dihindari,” ujar dia.

Aria mengklaim bahwa fintech merupakan terobosan dan inovasi baru dalam sistem finansial yang didukung teknologi digital. Teknologi digital yang digunakan fintech juga berperan sangat penting untuk membangun seamless customer experience.

“Peran dari fintech itu untuk memudahkan kehidupan masyarakat. Dan di sinilah peran teknologi,” ujarnya.

Contohnya adalah Amarta yang sukses menjalankan bisnisnya. Didirikan pada 2010 sebagai micro finance, Amartha hanya mampu merangkul 10 ribu peminjam. Itu dicapainya dalam lima tahun hingga 2015.

Berkat teknologi digital, Amartha pun berubah menjadi fintech peer to peer lending dengan jumlah peminjam hingga 290 ribu orang hingga saat ini. 100 persen peminjam merupakan pelaku usaha mikro perempuan di pedesaan.

Dengan teknologi digital, Amartha kini dapat melayani peminjam lebih cepat, hanya dalam hitungan menit. Beda dari sebelumnya yang membutuhkan waktu yang lebih lama.

 

Foto: Grid.id

Blog terkait

Unduh Sekarang Pinjam Segera
Unduh Sekarang Pinjam Segera