Fintech Gencar Gandeng E-Commerce Salurkan Pinjaman

2019-09-11 11:07:25

Perusahaan financial technology (fintech) memanfaatkan e-commerce untuk menyalurkan pinjaman. Kerja sama antara kedua startup tidak saja menguntungkan mereka, tapi juga melengkapi ekosistem industri keuangan.

Kepala Bidang Kelembagaan dan Humas Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) Tumbur Pardede mengatakan, fintech dan e-commerce sangat terbuka dan akan saling bersinergi satu sama lain.

Melalui kerja samanya dengan fintech, pihak e-commerce akan menyediakan beragam pilihan pendanaan/kredit kepada para konsumen. Pada akhirnya traffic pengguna dan transaksi di e-commerce tersebut akan meningkat.

Sementara pihak fintech lending dengan kerja sama tersebut akan mendapatkan calon peminjam potensial yang cocok dengan profil risiko dan sasarannya.

"Oleh karena mitigasi risiko lebih terukur bila dalam suatu ekosistem yg memiliki catatan transaksi digital dan lebih sesuai dengan pola penilaian scoring yang dimiliki oleh platform p2p lending," ucapnya dikutip Kontan.co.id, Rabu (11/9/2019).

Tumbur menjelaskan setiap platform fintech peer-to-peer lending menerapkan berbagai macam pola dan strategi dalam menjalankan layanannya kepada masyarakat.

"Jadi tidak hanya melalui e-commerce saja, ada yang bersifat close ekosistem, ada yang bersifat invoice financing, ada yang bersifat kerjasama dengan mitra/agen, atau pihak lainnya," imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendukung fintech lending, terutama yang mengantongi status terdaftar, berkolaborasi dengan e-commerce atau lembaga finansial lain.

Direktur Pengaturan Perizinan dan Pengawasan Fintech OJK Hendrikus Passagi berharap, kolaborasi fintech dan e-commerce bisa dinikmati di seluruh wilayah terutama di luar Pulau Jawa yang sebenarnya paling membutuhkan.

"Kerjasama antara fintech dan e-commerce saat ini masih banyak yang fokus memberikan layanan di Pulau Jawa. Para UMKM saat ini kesulitan mendapat kredit dari perbankan lantaran perbankan saat ini hati-hati dalam menyalurkan pinjaman terutama untuk UMKM," ucapnya.

Menurut Hendrikus, kerjasama ini akan menciptakan ekosistem ekonomi digital yang sehat. Pihaknya melihat kerjasama ini sebagai rangkaian pecahan yang kita susun dan ingin kita dorong melalui fintech bisa bekerjasama dengan e-commerce.


Foto: Paybase.io

Blog terkait

Unduh Sekarang Pinjam Segera
Unduh Sekarang Pinjam Segera