Fintech P2P Lending Gencar Salurkan Dana bagi UMKM

2020-07-06 10:15:18

Pandemi covid-19 yang belum tertuntaskan mengharuskan industri fintech untuk mengembangkan Usaha Kecil Menengah (UKM). Pasalnya, Menteri Riset dan Teknologi Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro menyebutkan, sejak pandemi UKM menjadi fokus utama untuk dikembangkan,

Menurutnya, 95% UKM dapat bertahan enam bulan dengan penghasilan yang turun signifikan. Oleh karenanya, ia mendorong fintech P2P Lending untuk mendukung pertumbuhan UKM secara digital. “Bagaimanapun, pertumbuhan UMKM harus digarap dengan kehati-hatian oleh P2P Lending. Kita juga tidak ingin nantinya P2P Lending menciptakan NPL yang besar,” ujar Bambang.

Menanggapi hal itu, Co-Founder & CEO Modalku Reynold Wijaya PT Mitrausaha Grup (Modalku) menyatakan, sampai saat ini pihaknya telah menyalurkan pinjaman usaha Rp 15,5 triliun kepada lebih dari 2,4 juta jumlah transaksi pinjaman UMKM di Indonesia, Singapore dan Malaysia.

Reynold menambahkan, dalam prosesnya Modalku menawarkan pinjaman tergantung dari jenis produk yang di pilih. Namun secara umum, Modalku menawarkan pinjaman sampai Rp 2 miliar.

“Modalku berkomitmen untuk membantu pelaku UMKM agar usahanya dapat berkembang. Tercatat, sampai saat ini kami telah menyalurkan pinjaman sebesar Rp 15,5 triliun. Berdasarkan data internal, penyaluran pinjaman masih di dominasi oleh wilayah Jabodetabek, Bandung dan Surabaya. Namun, Modalku dapat menjangkau UMKM di luar wilayah melalui Kerjasama dengan beberapa platform,” tutur Reynold kepada Kontan (4/7)).

Lanjut ia, borrower yang mengajukan pinjaman kebanyakan dari sektor perdagangan, baik dari eceran maupun bisnis besar. Oleh sebabnya, Modalku memprediksi sampai akhir tahun tren pinjaman akan di dominasi oleh sektor perdagangan grosir muapun penjual online.

Sementara itu SVP Head of Corporate Affairs UangTeman Roberto Sumabrata mengatakan, sebanyak 31% penyaluran pinjaman UangTeman digunakan untuk keperluan pengembangan bisnis ataupun hutang produktif kepada UMKM di Indonesia.

Oleh karenanya, bisnis UangTeman berupaya untuk membantu pemerintah dalam mendorong ekonomi digital kepada masyarakat Indonesia, yang underbank ataupun belum mendapatkan layanan keuangan melalui teknologi digital.


Foto: trenasia.com

Blog terkait

Unduh Sekarang Pinjam Segera
Unduh Sekarang Pinjam Segera