Investasi di Perusahaan Multifinance, Tren Baru Fintech di Indonesia

2019-07-09 15:53:51

Investasi di perusahaan pembiayaan (multifinance) diprediksi bakal menjadi tren baru bagi perusahaan fintech di Indonesia. Ini menyusul sejumlah perusahaan fintech berencana berinvestasi dalam bisnis tersebut.

Salah satu perusahaan fintech terkemuka yang berencana berinvestasi di perusahaan multifinance adalah PT Finaccel Teknologi Indonesia atau lebih dikenal dengan sebutan Kredivo.

Kredivo saat ini sedang menjajaki rencana untuk mengakuisisi perusahaan multifinance lokal untuk memperoleh lisensi pembiayaan. Adapun, rencana akuisisi tersebut diperkirakan selesai pada tahun ini.

Sebagaimana dikutip Katadata, Selasa (9/7/2019), CEO dan Co-Founder Kredivo Akshay Garg mengatakan, melalui lisensi perusahaan pembiayaan maka penyaluran pinjaman di Kredivo akan semakin besar.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa lisensi perusahaan pembiayaan tersebut akan lebih stabil karena peraturannya telah dibentuk oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam Peraturan OJK (POJK).

Sebelumnya, Akulaku juga memiliki perusahaan multifinance melalui PT Akulaku Finance Indonesia. Tidak hanya itu, perusahaan fintech ini juga memiliki bisnis fintech pinjam meminjam atau peer-to-peer (P2P) lending melalui PT Pintar Inovasi Digital.

Investasi fintech di perusahaan pembiayaan diprediksi akan berkembang dalam memperluas bisnis perusahaan fintech di Indonesia. Menariknya, aksi korporasi tersebut kabarnya telah mendapatkan lampu hijau alias izin dari OJK.

Saat dimintai komentarnya, Wakil Ketua Umum Asosiasi Fintech Pendanaan Indonesia (AFPI) Sunu Widyatmoko menolak memberikan tanggapan terkait aksi korporasi fintech terhadap perusahaan multifinance.

Pada Maret lalu, Ketua Harian Aftech Kuseryansyah memperkirakan bahwa pertumbuhan penyaluran kredit oleh fintech pinjaman pada tahun ini tidak akan setinggi 2018. Ini lantaran fintech pinjaman disebutkan akan fokus berkolaborasi dengan perbankan, multifinance, maupun e-commerce pada 2019.

"Ini akan menjadi motor penggerak fintech pinjaman (di 2019)," ucapnya.


Foto: Ohayo.co.id

Blog terkait

Unduh Sekarang Pinjam Segera
Unduh Sekarang Pinjam Segera