Jokowi Minta Bank Segera Turunkan Suku Bunga Kredit

2019-11-08 10:56:19
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta sektor perbankan segera menurunkan suku bunga kredit. Jokowi mengatakan bahwa Bank Indonesia (BI) sendiri sudah menurunkan suku bunga acuan.

Selain itu, kata Jokowi, bank sentral negara lain juga sudah menurunkan suku bunga kredit.

"BI rate sudah turun, bank-nya belum. Ini saya tunggu," kata Jokowi dalam sambutan pembukaan Indonesia Banking Expo 2019, di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (6/11) dilansir CNNIndonesia.

Pernyataan Jokowi untuk menurunkan suku bunga kredit mendapat tepuk tangan dari para hadirin. Jokowi pun menganggap tepuk tangan tersebut sebagai sikap setuju dari para pelaku dunia perbankan.

"Tepuk tangan berarti setuju. Ok saya catat lagi," ujar Jokowi.

Jokowi juga meminta perbankan membuka akses kepada masyarakat untuk mendapat kredit Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Kemudian di saat yang sama juga meningkatkan likuiditas dalam negeri.

"Berikan prioritas ke sana, agar (gap) kesenjangan kita bisa ditekan dan mendorong pertumbuhan ekonomi di bawah," tuturnya.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu mengajak sektor perbankan tak hanya membantu pembiayaan perusahaan yang besar saja. Jokowi juga tak ingin perbankan hanya memberi pinjaman kepada perusahaan yang sama setiap tahunnya.

"Sekali lagi jangan membiayai yang besar-besar saja. Ini kalau tepuk tangan artinya bapak ibu semuanya setuju. Dan jangan membiayai yang itu-itu saja. Tepuk tangan lagi artinya setuju," katanya.

Selain itu, Jokowi meminta agar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai regulator agar memperkuat kebijakan insentif dan disinsentif pembiayaan UKM.

"Regulasinya sederhana, berikan kebijakan insentif dan disinsentif terkait yang saya sampaikan," minta Jokowi.

Jokowi menegaskan dengan dukungan OJK, BI dan dunia perbankan secara keseluruhan, target pemerintah dapat tercapai.

"Saya harap pertemuan ini menghasilkan langkah konkret dan dirasakan manfaatnya untuk rakyat," pungkas Jokowi.


Foto: CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan


Blog terkait

Unduh Sekarang Pinjam Segera
Unduh Sekarang Pinjam Segera