OJK Awasi Fintech dengan 'Gesit' & 'SupTech'

2019-09-10 10:41:17

Fenomena fintech masih terus berlanjut. Potensi jumlah maupun transaksi fintech diprediksi terus membesar, sampai-sampai bikin perbankan ketar ketir. Di sinilah OJK harus berperan aktif memperkuat pengawasan fintech.

Cara OJK untuk ‘memelototi’ perusahaan fintech adalah dengan merilis website Gerbang Elektronik Sistem Informasi Keuangan Digital (Gesit). Peluncuran mini portal ini ditujukan sebagai media interaksi antara OJK, penyelenggara Inovasi Keuangan Digital (IKD), dan masyarakat.

Dengan Gesit, itu artinya OJK mulai menerapkan Supervisory Technology (SupTech) guna mengembangkan ekosistem fintech. Selain itu, mengawasi fintech agar tidak terjadi pelanggaran maupun kemunculan fintech-fintech ilegal yang meresahkan masyarakat.

"Gesit merupakan bentuk awal dari pengembangan SupTech untuk IKD. SupTech nantinya menjadi alat pemantauan terhadap penyelenggara yang telah terdaftar di OJK dengan mempergunakan teknologi,” kata Wakil Ketua OJK Nurhaida dalam keterangan resminya, seperti dikutip Cermati.com dari laman OJK.

Suptech ditujukan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pemantauan terhadap penyelenggara terkait aspek kepatuhan terhadap aturan yang berlaku. Semua ini dilakukan demi satu tujuan, yakni mendongkrak inklusi keuangan serta membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Ingat, Jauhi Fintech Bodong

Begitu banyak fintech yang bertebaran untuk menjaring nasabah. Selain fintech legal, kamu juga perlu mewaspadai keberadaan fintech ilegal atau bodong yang siap menjerat mangsanya kapan saja.

Jangan pernah berhubungan dengan fintech abal-abal jika komitmen kamu untuk membayar tergolong kurang. Kamu bisa cari tahu daftar fintech resmi dan terdaftar, baik di BI maupun di OJK melalui website atau call center masing-masing.


Foto: elshinta.com

Blog terkait

Unduh Sekarang Pinjam Segera
Unduh Sekarang Pinjam Segera