3 Kiat Ampuh Lunasi Utang Pinjaman Online

2019-05-20 13:14:06

Layanan pinjaman online di Indonesia berkembang dengan cukup pesat. Ini ditandai dengan menjamurnya berbagai macam aplikasi pinjaman online yang diluncurkan di Tanah Air.

Per 15 Mei 2019, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat ada 113 aplikasi pinjaman online legal terdaftar dan berizin. Sehingga memberikan banyak pilihan kepada masyarakat untuk meminjam dana tambahan.

Meski bermanfaat, tak sedikit masyarakat juga terlilit utang aplikasi pinjaman online pada akhirnya karena tidak mampu bayar. Aplikasi pinjaman online seperi diketahui mengenakan bunga pinjaman yang tergolong tinggi kepada setiap peminjamnya, yaitu sekitar 2,95 persen per bulan.

Buat yang bingung bagaimana melunasi utang dari pinjaman online, berikut adalah sejumlah kiat yang kamu coba agar terhindar dari lilitan utang, seperti dilansir dari Kompas.com:

1.  Ajukan pinjaman berbunga lunak

Kiat pertama untuk bisa melunasi utang online adalah dengan melakukan pinjaman yang bunganya lunak. Bank atau koperasi adalah tempat di mana kamu bisa mengajukan pinjaman berbunga lunak.

Sebagai catatan, kamu wajib membandingkan beberapa bank atau koperasi mana yang memberikan bunga lunak sehingga kamu bisa untuk mendapatkan bunga paling rendah. Setelah itu, pilih tenor pembayaran lebih dari satu tahun supaya aliran dana tetap terjaga.

2. Ajukan pinjaman tanpa bunga

Cara selanjutnya, melakukan pinjaman tanpa bunga untuk melunasi utang online. Kamu bisa meminjam di kantor di mana kamu bekerja. Pihak manajemen kantor biasanya memberikan fasilitas pinjaman tanpa bunga untuk setiap karyawan.

Apabila sungkan, kamu dapat meminjam dana ke kerabat dekat seperti orang tua atau saudara dekat. Namun supaya hubungan persaudaraan tidak rusak, kamu wajib mengembalikan uang pinjaman tepat waktu.   

3Jual barang berharga

Terakhir adalah cara terbaik yang bisa kamu lakukan. Yaitu dengan menjual aset berharga yang dimiliki. Dengan cara ini, kamu tidak perlu membayar cicilan di kemudian hari.

***

Penting untuk dicatat, kamu wajib menutup semua akun aplikasi pinjaman online begitu utang pinjaman online kamu sudah lunas. Jika perlu, kamu bisa menghapus aplikasi pinjaman online di ponsel supaya tidak tergoda untuk melakukan pinjaman online kembali.


Foto: Mediakonsumen.com

Blog terkait

Unduh Sekarang Pinjam Segera
Unduh Sekarang Pinjam Segera