Apakah KTA Bisa Jadi Solusi untuk Melunasi Utang Kartu Kredit?

2019-06-24 11:30:49

Sebenarnya KTA (Kredit Tanpa Agunan) dapat digunakan untuk membayar utang lain termasuk utang kartu kredit. Tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar langkah tersebut tidak menjadi langkah gali lubang tutup lubang.

Jika Anda berasumsi Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah solusi untuk membayar utang kartu kredit, maka anggapan Anda sudah pasti salah.  Karena pada akhirnya tetap saja Anda yang harus membayarnya, karena utang tersebut tidak menghasilkan uang apapun.

Berbeda dengan utang produktif yang digunakan untuk keperluan modal usaha. Ada kemungkinan uang pinjaman akan menghasilkan keuntungan sehingga dapat digunakan untuk membayar utang. Memang ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan mengambil KTA untuk menutupi utang kartu kredit, tetapi ada juga risiko yang harus ditanggung.

Sebelum Anda memutuskan menggunakan KTA untuk melunasi utang lain, Anda harus memahami apa saja risiko dan pertimbangannya. Berikut adalah risiko dan pertimbangan jika mengambil KTA dan menggunakannya untuk menutupi utang kartu kredit :

1. Beberapa KTA memiliki bunga yang tinggi (Bisa Lebih dari 20% Setahun)

Bunga yang diminta untuk KTA biasanya cukup tinggi. Hal ini dikarenakan bank tidak menyimpan agunan apapun. Jaminan yang dimiliki bank hanyalah reputasi Anda. Pada dasarnya menggunakan KTA untuk membayar utang kartu kredit adalah memindahkan utang dari satu tempat ke tempat lain. Jika bunga yang ditawarkan bank besarnya sama dengan bunga kartu kredit Anda maka KTA tidak menjadi solusi. Akan lebih buruk lagi jika bunga KTA yang diambil ternyata lebih tinggi daripada bunga kartu kredit. Bukannya membantu melunasi utang, malah akan membuat utang Anda semakin menumpuk.

Jika Anda ingin menjadikan KTA sebagai solusi untuk membayar utang kartu kredit, pastikan bunga KTA lebih kecil daripada bunga kartu kredit. Selisih bunga KTA dengan bunga kartu kredit bisa bermanfaat bagi Anda. Dengan begitu beban Anda akan berkurang beberapa persen dari yang seharusnya Anda bayar. Hanya saja semakin rendah bunga pokok KTA yang ditawarkan, biasanya proses pengajuannya akan semakin sulit dibanding KTA dengan bunga tinggi. Pastikan Anda dapat memenuhi persyaratan yang diminta agar pinjaman Anda dapat disetujui.

2. Jangka Waktu Angsuran Pendek

Jangka waktu untuk mengangsur KTA relatif tidak panjang. Umumnya pembayaran KTA berjangka waktu 12 – 36 bulan. Jangka waktu ini dapat memberi tambahan waktu kepada Anda untuk melunasi utang. Tetapi jangan terlena dengan ‘tambahan waktu’ tersebut karena jangka waktunya pun tidak panjang. Anda harus menyelesaikan utang KTA sesuai jangka waktunya agar utang tidak menumpuk dan berkepanjangan.

3. Banyak Potongan dan Biaya Administrasi

Bunga pokok bukanlah satu-satunya biaya yang harus dipertimbangkan. Banyak biaya yang harus dibayarkan seperti biaya administrasi, biaya provisi, biaya pelunasan dipercepat, dll. Jumlahkan berapa bunga pokok KTA ditambahkan seluruh biaya-biaya yang harus Anda bayar. Bandingkan total biaya tersebut dengan total biaya kartu kredit Anda. Jika biayanya lebih mahal sebaiknya Anda tidak menggunakan KTA untuk membayar utang kartu kredit. Carilah solusi lain untuk membayar utang tersebut agar biaya yang harus dibayar tidak semakin menumpuk.

KTA Sebagai Solusi Utang Kartu Kredit

Intinya KTA dapat digunakan sebagai solusi untuk membayar utang kartu kredit jika biaya yang harus dibayar tidak lebih tinggi. Bahkan jika total biaya KTA lebih rendah, KTA dapat membantu mengurangi beban utang kartu kredit. Sedangkan jika biaya lebih tinggi maka keuntungan yang Anda dapatkan hanyalah mengulur waktu untuk membayar utang, tetapi menumpuk utang yang lebih banyak lagi. Pertimbangkan kembali jika ingin mengambil KTA untuk membayar utang kartu kredit. Sebaiknya menjual aset berharga Anda untuk pelunasan utang kartu kredit.


Foto: ritzacademy.com

Blog terkait

Unduh Sekarang Pinjam Segera
Unduh Sekarang Pinjam Segera