5 Cara Cerdas Pinjam Online agar Aman dan Tenang

2019-07-17 14:40:27
Buat kamu yang berencana meminjam online, tetaplah waspada terhadap agenda penipuan.

Kamu wajib meminjam di tempat yang 100% aman. Nah, biar tidak tertipu pinjam uang online, bagaimana tips-tipsnya?1. Pilih yang berada di bawah pengawasan OJK

OJK atau Otoritas Jasa Keuangan adalah barometer terhadap fintech legal dan diakui oleh pemerintah. Apabila statusnya masih berada pada peninjauan OJK, apakah boleh ambil pinjaman di sana? Sebaiknya tidak dulu.

Mending kamu pilih yang jelas-jelas berada di bawah pengawasan OJK. Di OJK bukan hanya pihak pemberi pinjaman yang diawasi, tetapi komitmen kamu saat bayar cicilan per bulan juga diawasi.

2. Gunakan kalkulator pinjaman untuk simulasi kredit

Saat ini pihak pemberi pinjaman rata-rata menyediakan portal khusus untuk menghitung bunga, cicilan, serta simulasinya. Jadi, kamu tinggal memasukkan angka pinjaman pokok, jumlah bunga, serta jumlah tenor dalam hitungan bulan. Nanti akan langsung kelihatan hasilnya.

Cara ini wajib dipakai agar kamu tidak tertipu pinjam uang online. Memanfaatkan kebaruan teknologi serta aplikasi untuk mensimulasikan kredit merupakan salah satu cara cerdas pinjam uang. Tentu cara ini harus kamu lakukan sebelum melakukan pengajuan.
3. Cari perbandingan dengan fintech lainnya

Perbandingan saat pinjam uang online dilakukan untuk menakar kualitas masing-masing fintech. Pilih tenor, bunga, dan admin yang sesuai dengan kemampuan kamu. 

Selain itu kamu juga dapat memilih yang menurut kamu praktis dari segi dokumen dan kecepatan pencairan.

4. Tentukan jumlah pinjaman sesuai kebutuhan

Berhubung dana pinjaman tersebut dalam bentuk tunai, kamu tetap harus jaga diri. Jangan tergiur dengan jumlahnya, tetapi sesuaikan saja dengan kebutuhan. Bagaimana pun juga, pinjaman online itu sama dengan utang. Minimal, takar kemampuan untuk bayar cicilan per bulan juga biar selamat dari denda maupun penalti.

5. Simak kebijakan privasi dan fasilitas layanannya

Ini biasanya yang paling sering diabaikan. Padahal tingkat kepentingannya sangat tinggi. Bahkan bisa dijadikan tolok-ukur kualitas, keamanan, sekaligus tanggung jawab dari fintech terkait.
itulah tadi beberapa tips cerdas sebelum melakukan pinjaman online, semoga bermanfaat ya!

Blog terkait

Unduh Sekarang Pinjam Segera
Unduh Sekarang Pinjam Segera