Agar Cicilan Pinjaman Online Tidak Macet

2019-10-23 15:08:53

Kunci dari lancarnya pembayaran cicilan Anda sangat tergantung pada manajemen keuangan. Bagi yang kurang pandai dalam hal ini, maka bisa belajar dulu bagaimana cara mengatur keuangan yang memungkinkan cicilan tetap terbayarkan.

1. Buat note 

Dalam hal ini, tuliskan besaran angsuran atau cicilan perbulan, kapan jatuh tempo pembayaran dan juga sangsi yang harus dibayarkan. Letakkan catatan ini ditempat yang mudah Anda lihat. Dengan cara ini, maka Anda akan terhindar dari keteledoran untuk membayar karena Anda ingat akan tanggung jawab Anda.

2. Bayarkan cicilan meski belum jatuh tempo

Jika sudah menyisihkan uang untuk membayar cicilan, maka jangan tunggu jatuh tempo. Bayarkan segera uang tersebut untuk menghindari uang terpakai demi kebutuhan lain.

3. belanja konsumtif

Saat memiliki cicilan perbulan, maka hindari pola hidup konsumtif. Jangan membeli suatu barang tidak diperlukan karena ada cicilan yang harus diutamakan. Apalagi saat uang cicilan belum terkumpul, jangan berpikir untuk berbelanja sesuatu yang tidak dibutuhkan terlebih dahulu.

4. Jangan pinjam melebihi kemampuan

Kelancaran membayar cicilan fintech maupun bank berawal dari kemampaun membayar. Perhitungkan dulu besaran gaji atau penghasilan. Jangan sampai karena membayar cicilan, maka kebutuhan hdiup lain menjadi terganggu. Besaran hutang jangan lebih dari kemampuan membayar.

5. Ketahui sangsi ketika terlambat membayar
Mengetahui apa yang akan Anda dapatkan ketika terlmabat membayar membantu banyak orang untuk tetap tertib menyetor cicilan. Selain rasa malu dan was-was, ada pula bunga yang tetap harus dibayarkan untuk cicilan tanpa kartu kredit.

Foto: Istimewa

 

Blog terkait

Unduh Sekarang Pinjam Segera
Unduh Sekarang Pinjam Segera