Ketahui Biaya-biaya Pada Pinjaman Online

2019-10-23 12:39:12

Pinjaman tanpa jaminan non bank memberi banyak kemudahan. Fintech adalah salah satu penyedia jenis pinjaman non bank yang populer di Indonesia. Meskipun ada beragam kontroversi, nyatanya jenis pinjaman ini menjadi solusi yang tercepat dan termudah saat ini.

Akan tetapi, sebelum mengajukan pinjaman via fintech ini, maka ketahui dulu bahwa ada biaya-biaya yang harus nasabah tanggung. Berbagai biaya tersebut akan mempengaurhi jumlah uang yang akan cair serta besaran cicilan tiap bulan yang akan ditambahkan dengan bunga. 

Secara umum, berikut ini berbagai biaya yang sering dibebankan kepada nasabah pinjaman online :

1. Biaya administrasi

Seperti hanya pinjaman bank, pinjaman online juga membebankan biaya adminsitrasi. Nonimalnya berbeda tergantung pada kebijakan masing-masing fintech dan jumlah pinjaman yang Anda ajaukan. 

2. Biaya berupa bunga pinjaman

Istilah bunga pinjaman tentu sudah sangat akrab. Inilah yang akan Anda tanggung ketika mengajukan pinjaman baik melalui fintech maupun bank. Hanya saja jumlah bunga ini berbeda karena belum ada patokan khusus. Biaya berupa bunga ini wajib dibayarkan setiap bulannya beserta nominal cicilan yang ditetapkan.

3. Biaya berupa denda

Biaya ini dibebankan saat Anda terlambat membayar cicilan. Inilah sangsi yang besaran nominalnya tergantung pada kebijakan fintech yang bersangkutan. Maka sebelum mengajukan pinjaman, pelajari dulu isi perjanjian dan jumlah dendanya. Agar tidak memberatkan Anda, maka pilihlah fintech yang tidak memberikan denda terlalu tinggi.

Kebijakan masing-masing fintech berbeda. Maka membandingkan lebih dari satu perusahaan sangat penting. Telusuri situs OJK dan temukan berbagai nama fintech di sana. Tugas Anda selanjutnya adalah memilih pinjaman tanpa jaminan non bank yang terpercaya sekaligus dengan biaya tambahan paling ringan.


Foto: Istimewa

Blog terkait

Unduh Sekarang Pinjam Segera
Unduh Sekarang Pinjam Segera