Tips Hindari Gali Lubang Tutup Lubang Saat Pinjam Online

2019-10-25 11:29:38

Berikut ini ada empat cara cerdas yang bisa dipraktikan para peminjam online  untuk menghindari gali lubang tutup lubang saat pinjaman online sedang berlangsung.

1. Jadikan Utang Sebagai Prioritas

Bila pembayaran utang diprioritaskan akan membuat Anda lebih teliti lagi ketika mengelola keuangan bulanan Misalnya saja, mengurangi budget di bagian tertentu seperti traveling atau memilih barang belanjaan yang lebih murah dari pada biasanya.

Tips: letakkan utang pada daftar prioritas catatan bulanan. Ini bertujuan untuk lebih lebih sering dilihat dan menghindari pembayaran cicilan utang yang terlupakan.

2. Terapkan Hidup Hemat

Dengan menerapkan hidup hemat dan sederhana membuat kondisi keuangan menjadi lebih baik. Boleh saja penuhi keinginan, tapi ingatlah masih ada kebutuhan lain seperti utang yang harus dibayarkan sebagai tanggung jawab borrower.

Tips: Mulailah untuk tidak terlalu sering mengeluarkan uang hanya untuk hangout di kafe, restoran mahal atau belanja barang yang sebenarnya tidak diperlukan hanya untuk memenuhi keinginan semata. Bila adanya kebutuhan yang harus dibelanjakan, manfaatkan promo-promo menjadi solusi yang sangat tepat.

3. Bayar Cicilan Tepat Waktu

Sering kali, tak sedikit orang yang lebih mengutamakan beli barang-barang keinginan dibandingkan cicilan utang yang harus dibayarkan, sehingga ada saja yang telat membayar atau bahkan tidak bayar cicilan sama sekali karena uangnya sudah abis alias terpakai. 

Namun, jika utang dijadikan sebagai prioritas, secara sadar ataupun tidak pastinya Anda akan melakukan penyisihan sejumlah biaya cicilan sejak awal yakni setelah menerima gaji atau mendapatkan keuntungan.

Tips: agar tidak lupa, Anda juga bisa mencatat atau tandai setiap tanggal pembayaran pada kalender di meja kantor, rumah maupun di smartphone. Dengan begitu, membayar cicilan dengan tepat waktu bisa dilakukan sehingga bisa lebih tenang dan tentunya terhindar dari biaya denda.

4. Cari Penghasilan Tambahan

Bila keuangan yang selama ini didapat dirasa kurang atau tidak mencukupi untuk bayar cicilan utang, mencari penghasilan tambahan menjadi solusi yang tepat untuk dilakukan khususnya bagi para pekerja yang mengajukan pinjaman online.

Hindari Utang dari Pinjaman Online Lainnya

Sadarlah, gali lubang tutup lubang dengan mengajukan utang dari pinjaman online lainnya bukanlah solusi yang tepat dalam melunasi utang, melainkan utang tidak akan kunjung selesai. Sebaiknya hidari hal tersebut sebelum utang menjerat kehidupan Anda. Cobalah untuk selalu menjadi peminjam dana online yang cerdas, misalnya saja dengan mempraktikan cara-cara di atas. Dengan begitu, utang akan terlunasi dengan baik dan tentunya kondisi keuangan tetap baik.


Foto: Shutterstock


Blog terkait

Unduh Sekarang Pinjam Segera
Unduh Sekarang Pinjam Segera