5 Syarat Mutlak untuk Mengajukan Pinjaman Tanpa Jaminan

2019-06-12 16:39:45

Memiliki kebutuhan yang sangat mendesak tidak jarang memaksa kita untuk mencari pinjaman. Bagi Anda yang punya jaminan atau kartu kredit, mengajukan pinjaman tentunya merupakan hal yang gampang untuk dilakukan. Namun bagi Anda yang tidak punya jaminan, tentunya hal ini memunculkan masalah tersendiri. 

Pertanyaanya, apakah Anda bisa mengajukan pinjaman tunai tanpa jaminan dan tanpa kartu kredit? Jawabannya ya, Anda bisa melakukannya. Bahkan, Anda tak akan dipusingkan dengan beban jika mengajukan pinjaman dana tunai tanpa jaminan atau tanpa kartu kredit.

Bukan rahasia lagi, mengajukan pinjaman dengan jaminan atau kepemilikan kartu kredit ke bank bisa memberikan beban yang berlipat ganda, terutama jika Anda kesulitan melunasi angsuran sampai tuntas.

Apabila Anda tidak ingin direpotkan dengan hal tersebut, banyak bank dan lembaga keuangan lain saat ini menawarkan beragam pilihan pinjaman dana tunai tanpa jaminan dan tanpa kartu kredit yang sesuai kemampuan. Hanya saja, jumlah pinjaman tanpa jaminan dan tanpa kartu kredit tidak terlalu besar dan tenornya tidak lama. Jumlah pinjaman berada di rentang Rp 3 juta sampai dengan Rp 5 juta dengan jangka waktu pendek. 

Meski tanpa jaminan dan tanpa kartu kredit, pengajuan pinjaman tetap memerlukan persyaratan yang wajib Anda penuhi nasabah. Ini diperlukan untuk memastikan bahwa Anda sanggup mengangsur dan melunasi pinjaman dan tidak menemui masalah selama mengangsur. Sebagai calon nasabah, Anda harus mengetahui beberapa syarat untuk mendapatkan pinjaman. 

Apa saja persyaratannya? Berikut rinciannya seperti dilansir dari Cermati: 

1. Warga Negara Indonesia

Syarat utama untuk mendapatkan pinjaman adalah Anda tercatat sebagai Warga Negara Indonesia (WNI). Ini dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Tanda Penduduk Warga Negara Indonesia (KTP WNI) dan menetap di wilayah Negara Indonesia.

2. Batas Usia

Penyedia jasa pinjaman memberlakukan batas usia untuk mengajukan pinjaman mulai 21 tahun hingga 60 tahun. Usia lebih dari 60 tahun, maka pengajuan pinjaman akan ditolak. 

Batas usia yang ditetapkan ini dinilai mempunyai pola pikir yang lebih matang daripada usia di bawahnya misalnya 18 tahun. Selain itu, Anda berusia 21 tahun ke atas juga dinilai akan lebih memahami prosedur dan persyaratan pengajuan pinjaman, dan mengetahui segala konsekuensi yang akan dihadapi selama proses mengangsur. 

3. Batas Penghasilan

Tidak ada ketentuan pasti mengenai batas minimal penghasilan tetap per bulan calon nasabah. Lembaga jasa pinjaman mempunyai kebijakan internalnya masing-masing mengenai hal ini. Namun Upah Minimum Regional dan kondisi perekonomian daerah setempat biasanya menjadi patokannya. 

4. Batas Pinjaman

Jangka waktu pinjaman tanpa jaminan dan tanpa kartu kredit tergolong pendek dengan jumlah pinjaman yang juga tidak besar. Yaitu 15 hari sampai dengan maksimal 30 hari.

Jumlah nominal pinjaman yang ditawarkan di bawah Rp 10 juta, berkisar antara Rp 3 juta rupiah sampai Rp 5 juta rupiah. Sementara bunga yang ditetapkan sebesar 1% per hari, dengan total 30% dalam 30 hari. 

Pinjaman ini mengenakan biaya keterlambatan pembayaran angsuran. Biaya keterlambatan adalah sebesar 50 ribu untuk hari pertama dan hari-hari berikutnya dikenakan Rp 10 ribu. Biaya ini tidak termasuk biaya tambahan penagihan sebesar 10% dari uang yang dipinjam saat kolektor datang untuk menagih utang.

Namun Anda dapat mengajukan perubahan jadwal tanggal pembayaran dan menambah jumlah pinjaman. Syaratnya Anda harus membayar biaya perpanjangan sebesar Rp 180 ribu.

5. Slip Gaji

Terakhir syarat yang tak kalah penting untuk mengajukan pinjaman tanpa jaminan dan kartu kredit ini adalah melampirkan slip gaji. Sebagai calon nasabah, Anda cukup membuat surat keterangan kerja dari perusahaan di mana Anda bekerja saat ini.
Pengajuan pinjaman sendiri diproses dengan menggunakan teknologi termutakhir sehingga prosesnya cukup mudah. Anda cukup mengajukan pinjaman tanpa jaminan secara online. 


Foto: Okezone.com

Blog terkait

Unduh Sekarang Pinjam Segera
Unduh Sekarang Pinjam Segera