Bagi yang Mencari Pinjaman KTA, Wajib Tahu ini

2019-06-11 17:23:35

Pasti Anda sudah sangat familiar dengan KTA atau Kredit Tanpa Agunan. Namun tahukah Anda bahwa pada dasarnya KTA merupakan unsecured loans, yaitu pinjaman perorangan tanpa jaminan dari bank kepada calon debitornya. Jaminan seperti BPKB, sertifikat rumah, dan lain-lain tidak dibutuhkan dalam sistem peminjaman ini.

Hampir seluruh perbankan di Indonesia sudah memberikan fasilitas KTA kepada nasabahnya. Namun, bank yang kali pertama memberikan fasilitas ini adalah Standard Chartered Bank, yang akhirnya diikuti perbankan lainnya di Indonesia. Biasanya nasabah yang memanfaatkan fasilitas ini adalah mereka yang butuh dana cepat, seperti untuk melunasi uang muka rumah, modal usaha, biaya masuk perguruan tinggi, biaya pernikahan dan lain sebagainya.

Walau merupakan kredit tanpa jaminan, untuk pengajuannya ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi, salah satu contohnya melampirkan buku rekening tabungan karena bank akan melihat kemampuan Anda salah satunya dari buku tabungan.

Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan KTA yang perlu diketahui oleh Anda yang berencana untuk mengajukan KTA:

Kelebihan KTA:
1. Proses cukup mudah. Dana bisa cair kurang dari sepekan jika semua persyaratan mendukung. Dan pastinya tidak perlu jaminan
2. Dokumen pendukung sedikit, karena tidak perlu jaminan
3. Pembayaran dapat dicicil. Sesuai kesepakatan antara calon pemohon dan bank.

4. Bunga pinjaman bersifat tetap (flat) sejak awal hingga akhir pelunasan pinjaman. Sementara pinjaman dengan agunan, bunganya fluktuatif mengikuti suku bunga acuan Bank Indonesia (BI).

Kekurangan KTA:
1. Anda harus berstatus karyawan atau pegawai atau profesional atau wiraswasta dengan penghasilan tetap setiap bulannya.
2. Karena tanpa jaminan, suku bunga KTA lebih tinggi dari jenis kredit lain, tergantung bank pemberi pinjaman.
3. Jumlah pinjaman dibatasi hingga maksimal lima kali gaji pokok, meski ada yang di atas itu.

4. Jika Anda melunasi pinjaman sebelum jatuh tempo, Anda akan dikenakan pinalti sekitar 5%.

Syarat KTA
1. Warga Negara Indonesia (WNI) dan berdomisili di Tanah Air.
2. Umur minimum 21 tahun dan maksimal 55 tahun.

3. Memiliki pekerjaan atau penghasilan tetap tiap bulannya, minimal Rp2,5 juta.

Untuk pengajuan KTA, Anda bisa langsung datang ke bank bersangkutan atau via online karena kini sudah banyak bank menyediakan fasilitas online melalui internet.

Jangan lupa untuk melengkapi syarat administrasi seperti fotokopi KTP, kartu keluarga, NPWP, rekening tabungan tiga bulan terakhir, surat keterangan kerja asli dan slip gaji, izin praktek profesional untuk profesional/laporan keuangan untuk perusahaan atau wiraswasta.

Bagi Anda yang sebelumnya telah menggunakan kartu kredit, biasanya akan lebih mudah lagi untuk mendapatkan KTA karena bank dapat mudah melihat kemampuan dan riwayat kredit nasabah. Jika catatan kredit Anda bagus, maka sudah pasti bank akan memprioritaskan persetujuan pemberian pinjaman.

Blog terkait

Unduh Sekarang Pinjam Segera
Unduh Sekarang Pinjam Segera