​Solusi Ampuh Mengatasi Stress karena Utang

2019-05-07 11:04:30

Kasus terlilit utang sudah bukan menjadi hal yang asing lagi, disadari atau tidak sebenarnya masalah ini sangat dekat dan sering dijumpai oleh orang-orang di sekitar Anda atau bahkan Anda sendiri. Bentuk masalahnya pun beragam, ada yang karena menggunakan kartu kredit secara berlebihan, ada keperluan mendadak yang mengharuskan Anda untuk menggunakan sejumlah dana, dsb. Disukai atau tidak, biasanya masalah seperti ini diiringi dengan adanya kejaran dari debt collector agar Anda lebih cepat melunasi utang.

Beban dari eksternal seperti ini seringkali membuat Anda semakin stress akibat utang. Biasanya hal ini dapat memberikan dampak bagi kondisi emosional Anda. Seperti yang dilansir dari The Simple Dollar, ada beberapa dampak emosional yang ditimbulkan akibat terlilit utang.

Depresi dan gelisah

Menyalahkan orang lain atas kondisi yang diderita

Menyangkal keadaan bahwa sedang terlilit utang

Stress

Marah dan frustasi

Timbul rasa menyesal

Rasa malu yang tinggi

Takut

Perasaan tidak mengenakkan ini pastinya mengganggu Anda, namun jangan khawatir dan patah semangat. Masih ada cara ampuh mengatasi stress karena utang yang bisa Anda ambil saat ini. Simak selengkapnya pada poin-poin di bawah ini :

Jujur dan Menerima Kondisi Saat Ini


Banyak orang yang saat menghadapi masalah utang malah bertingkah seakan tidak terjadi apa-apa, atau bahkan menyepelekan masalah tersebut. Ada juga yang malah terjerembab dan malah semakin stress jika mengingat masalah tersebut. Solusi ampuh mengatasi stress karena utang yang pertama adalah dengan jujur dan menerima kondisi saat ini. Anda harus cukup berani menerima kondisi bahwa saat ini Anda sedang menghadapi masalah finansial yang harus segera diselesaikan, bukan malah disepelekan atau tetap hidup boros seperti tidak terjadi apa-apa. Anda juga harus berani untuk menghadapi fakta bahwa saat ini Anda harus mulai mengambil langkah strategis untuk melunasi utang tersebut. Akuilah bahwa tunggakan utang yang Anda miliki saat ini merupakan masalah krusial, bersifat penting, dan harus diselesaikan sesegera mungkin.

Ambil Langkah Strategis untuk Lebih Cepat Terbebas dari Utang

Langkah 1: Hitung Berapa Jumlah Utang yang Harus Dibayar

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menghitung berapa jumlah utang yang harus dibayar. Bagian ini biasanya cukup mengerikan dan akan memberikan serangan stress akibat utang, namun percayalah sesaat Anda sudah mengetahui jumlah utang yang harus dibayar, Anda akan memiliki gambaran lebih jelas. Anda akan lebih tahu kira-kira berapa yang harus dikumpulkan dan berapa kira-kira tenggat waktu yang Anda butuhkan agar dapat melunasi utang tersebut.

Langkah 2: Cari Peluang untuk Mencari Penghasilan Tambahan

Setelah mengetahui berapa total utang beserta bunganya, Anda bisa membandingkan dengan penghasilan tetap per bulan yang Anda dapatkan. Selanjutnya, Anda bisa melakukan perbandingan kira-kira berapa jumlah uang yang bisa Anda sisihkan untuk membayar utang tersebut. Jangan berhenti di sini, carilah peluang untuk mencari penghasilan tambahan. Ada banyak pekerjaan sampingan yang bisa Anda coba untuk menambah penghasilan. Saat ini juga sudah banyak sekali situs 'marketplace' yang bisa dimanfaatkan untuk mencari pekerjaan sampingan. Tidak lupa, manfaatkan apa yang Anda miliki saat ini untuk dijadikan sumber penghasilan tambahan. Contoh: menjual barang bekas ke situs online, menjadi supir supir taksi online, menyewakan kamar ke situs online, dsb.

Langkah 3: Potong Pengeluaran Sehari-hari

Solusi ampuh mengatasi stress karena utang selanjutnya harus diikuti dengan memotong pengeluaran sehari-hari. Lihat lagi pengeluaran mana yang harus dihentikan dan harus dikurangi. Jika memang ada keperluan untuk membeli sesuatu yang penting, carilah cara agar dapat membeli barang dengan lebih murah. Langkah ketiga ini biasanya merupakan langkah yang paling sulit, namun percayalah dengan memotong pengeluaran, Anda bisa mendapatkan dampak yang lebih cepat terasa. Sisa uang yang berlebih ini tentu saja dapat langsung Anda alokasikan ke tabungan. Satu hal yang perlu diingat saat memotong pengeluaran, Anda harus tahu persis ada beberapa pengeluaran yang seharusnya tidak dipangkas. Beberapa pos pengeluaran yang penting untuk tidak dipotong ini biasanya berguna untuk saat-saat darurat.

Konsultasikan dengan Pihak yang Lebih Berpengalaman

Langkah terakhir untuk mengatasi stress akibat utang adalah dengan membagikan beban Anda dengan pihak yang lebih berpengalaman. Hal ini berguna agar Anda bisa mendapatkan solusi ampuh mengatasi stress karena utang. Pihak yang lebih berpengalaman biasanya bisa memberikan jalan keluar agar Anda bisa lebih cepat terbebas dari utang dan beban emosional yang Anda hadapi saat ini. Solusi yang bisa Anda ambil untuk segera keluar dari masalah utang adalah dengan mengikuti program keringanan dari bank. Beberapa opsi yang bisa Anda ambil misalnya dengan program potongan diskon utang dalam satu kali bayar, cicilan berbunga rendah yang tenornya diperpanjang, ataupun gabungan dari keduanya.

Blog terkait

Unduh Sekarang Pinjam Segera
Unduh Sekarang Pinjam Segera