Bank Syariah Milik BRI, BNI, dan Mandiri Akan Dilebur Jadi Satu

2020-07-03 10:47:38

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir akan melakukan merger atau melebur seluruh bank syariah yang dimiliki oleh bank-bank pelat merah mulai awal tahun depan.

Rencana merger seluruh bank syariah milik bank BUMN tersebut akan dilakukan pada Februari 2021. Bank-bank syariah yang akan dimerger yakni Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah dan BRI Syariah.

"Kita coba sedang kaji bank-bank syariah kita ini nanti semua kita coba mergerin. Insya Allah Februari tahun depan jadi satu. Bank Syariah Mandiri, BNI, dan BRI," ungkap Erick dalam sesi webinar, dikutip dari Merdeka, Jumat (3/7).

Menurut Erick, langkah merger tersebut akan membuka opsi-opsi pendanaan baru kepada pihak nasabah di Tanah Air. "Namanya pendanaan macam-macam kan, ada mahal, murah, syariah, kita mesti welcome semuanya itu," lanjut dia.

Dia menilai bank syariah di Indonesia punya potensi yang besar karena mayoritas penduduknya muslim. "Lalu kenapa saya menginginkan merger syariah, karena Indonesia yang penduduk muslim terbesar tidak punya fasilitas itu. Nah kalau syariah dimerger dia bisa menjadi top bank yang menjadi alternatif pilihan," jelas dia.

Sementara itu Otoritas Jasa Keuangan dalam upayanya meningkatkan pertumbuhan industri keuangan syariah akan menggiatkan kampanye Aku Cinta Keuangan Syariah dengan mengenalkan dan mendekatkan masyarakat dengan produk dan jasa layanan keuangan syariah.

"Industri perbankan dan keuangan syariah nasional perlu terus melakukan sosialisasi dan edukasi publik agar produk serta jasa layanan syariah yang semakin beragam dan berdaya saing dapat dikenal dan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat luas," kata Dewan Komisioner Pengawas Perbankan OJK Mulya Siregar.

OJK berencana mengadakan program sosialisasi tersebut di berbagai kota di Indonesia melalui pameran, program pelatihan, dan workshop kepada masyarakat.

"Strategi bisnis keuangan syariah service excellence sama bagusnya sama lengkapnya dengan keuangan konvensional. Kita akan buktikan apa yang dimiliki konvensional, itu juga dimiliki syariah. Tapi apa yang dimiliki syariah, konvensional tidak punya. Dari sisi modern juga sama, lengkapnya kita lebih lengkap," ujar dia.

Sebanyak 36 perusahaan keuangan syariah yang terdiri dari 16 perbankan syariah, 10 industri pasar modal syariah, dan 10 Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) syariah akan mengikuti program sosialisasi OJK.


Foto: Ist.

Blog terkait

Unduh Sekarang Pinjam Segera
Unduh Sekarang Pinjam Segera