Digitalisasi Sokong Pertumbuhan Bank Syariah

2019-07-03 13:32:27

Wakil Presiden dan Analis Senior Moody’s Investor Service, Simon Chen menyampaikan manfaat-manfaat digitalisasi bagi perbankan berbasis syariah di Indonesia dan Malaysia.

Dia menyatakan bahwa digitalisasi akan memberi sokongan terhadap pertumbuhan perbankan syariah di kedua negara Asia Tenggara tersebut.

"Didukung oleh profitabilitas yang kuat, bank-bank Islam di Malaysia dan Indonesia meningkatkan investasi mereka dalam digitalisasi, yang seharusnya membantu industri berkembang dengan biaya yang lebih rendah," kata Simon, dikutip dari Bisnis.com, Rabu (3/6/2019).

Menurut Simon, digitalisasi umumnya membantu bank mengurangi biaya operasional dan memungkinkan perusahaan merampingkan dan mengotomatisasi proses, sehingga beban untuk melayani nasabah berkurang.

Digitalisasi juga membantu bank syariah mengekspansi jaringan tanpa perlu menambah kantor cabang. Pasalnya , jaringan merupakan satu kunci bank untuk meningkatkan pendapatan.

"Kami lebih lanjut percaya pemerintah Malaysia dan Indonesia akan tetap berkomitmen untuk mengembangkan perbankan Islam, dengan keduanya berada di jalur untuk memenuhi target pertumbuhan ambisius mereka untuk sektor ini," ujar Chen.

Dia mengatakan, regulator di kedua negara tersebut mendorong pertumbuhan dan mengarahkan bank untuk mengatasi risiko yang muncul terkait dengan nilai-nilai tata kelola lingkungan, sosial dan tata kelola perusahaan (LST). Semuanya dilakukan untuk mengejar pertumbuhan pembiayaan.

Perkembangan diharapkan ini akan menciptakan peluang pertumbuhan baru bagi bank syariah. Untuk di Indonesia, pemerintah baru-baru ini berinisiatif untuk meningkatkan ekonomi halal yang akan meningkatkan kesadaran layanan keuangan Islam.

Dengan begitu, hal itu akan membantu sektor perbankan syariah berkembang. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat aset bank syariah per April 2019 naik 12,3% secara tahunan (year-on-year/yoy) menjadi Rp476,24 triliun.

Kendati demikian, pangsa pasar bank syariah belum menunjukkan pergerakan siginfikan. Pada awal tahun ini, pangsa pasar perbankan syariah tercatat sebesar 5,9%.


Foto: Istimewa

Blog terkait

Unduh Sekarang Pinjam Segera
Unduh Sekarang Pinjam Segera