Kuartal I/2020, Laba Perbankan Syariah Naik Hampir 40 Persen

2020-06-30 09:45:46

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merilis data statisk baru mengenai kinerja perbankan syariah selama kuartal pertama 2020. Selama periode tersebut, perbankan syariah mengalami pertumbuhan lebih tinggi dibandingkan bank umum konvensional.

Dari data statistik tersebut, perbankan syariah mencatat pertumbuhan sebesar 39,48 persen selama periode tersebut dibandingkan tahun sebelumnya Pertumbuhan tersebut setara dengan nilai mencapai Rp2,18 triliun.

Sebagai perbandingan, laba bank umum konvensional pada kuartal yang sama mengalami pertumbuhan sebanyak 6,43 persen secara tahunan, dengan nilai mencapai Rp42,83 triliun.

Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah menilai perbankan syariah tumbuh karena masih dalam periode bertumbuh. Dilihat dari perolehan laba, besarannya diklaim masih kecil.

Menurut dia, apabola nominal laba mengalami peningkatan sedikit saja, pertumbuhan perbankan syariah akan terhitung tinggi secara presentase.

Namun Piter menyebutkan, data perolehan laba pada kuartal I/2020 tersebut pun belum bisa menggambarkan perbandingan kinerja perbankan syariah dan umum selama pandemi Covid-19.

Soalnya, kontraksi ekonomi terjadi mulai pada kuartal II/2020, sehingga kesimpulannya baru akan terlihat setelah satu tahun berjalan berakhir.

"Itu kan baru triwulan 1, belum menggambarkan secara keseluruhan tahun 2020,” katanya sebagaimana dikutip dari Bisnis.com, Senin (29/6/2020).

Kontraksi ekonomi disebutkan justru terjadi pada kuartal II, III dan IV. Menurutnya hal itu yang akan lebih mempengaruhi kinerja perbankan termasuk perbankan syariah pada tahun 2020,"

Piter juga mengatajan, menjadi anak usaha bank besar memang berdampak positif terhadap bank atau unit usaha syariah (UUS) karena memberikan rasa percaya nasabah pada bank bersangkutan.

Dia memperkirakan, perbankan syariah masih berpeluang untuk tumbuh meskipun kinerjanya akan sangat dipengaruhi kondisi ke kuartal II, III, maupun IV.

"Optimisme bank dan UUS bank besar merupakan hasil dari manajemen yang berhati-hati, sehingga mampu menekan risiko meskipun terjadi wabah Covid-19," pungkas dia.


Foto: Republika.co.id 

Blog terkait

Unduh Sekarang Pinjam Segera
Unduh Sekarang Pinjam Segera