Tak Lagi Bersaing, Fintech Syariah dan Perbankan Syariah Kini Berkolaborasi

2020-06-10 09:04:21

Perusahaan teknologi finansial berbasis keuangan syariah (fintech syariah) kini berjalan beriringan dengan perbankan syariah. Dengan kata lain, kedua perusahaan keuangan tersebut tidak lagi berkompetisi, justru berkolaborasi.

Hal tersebut disampaikan oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI). Menurut DSN MUI, perkembangan ekonomi syariah terus menunjukkan tren positif.

Anggota DSN MUI Bagus Teguh mengatakan, perbankan syariah sebelumnya terus mendorong perkembangan ekonomi syariah, tapi kini hadir platform fintek syariah seiring perkembangan teknologi.

"Jadi sekarang tergantung bank syariah apa mau move on, kalau dia punya modal dan kapasitas bisa berkompetisi yang baik, tapi juga bisa kolaborasi, dan bukan hanya kompetisi saja agar hidup semuanya [perbankan dan fintek syariah]," kata dia dikutip dari Bisnis, Rabu (10/6/2020).

Dalam datanya, DSN MUI mencatat pangsa pasar perbankan syariah saat ini berada di angka 5 persen sampai 6 persen sejak dikembangkan pada 1992 hingga akhir 2019 lalu.

Oleh karena itu, DSN MUI meminta kepada masyarakat sebagai nasabah dan peminjam dana agar tidak segan-segan melakukan perbandingan antar perbankan dengan fintek syariah dalam hal pelayanan dan biaya yang dikenakan.

Menurut Bagus, langkah itu penting dilakukan agar perbankan syariah dengan fintek syariah berlomba memberikan pelayanan sebaik mungkin dengan kualitas tetap terjaga dan biaya lebih kompetitif.

Terpisah, VP Sales Regional Java Investree, Shareang Kusuma Wardhana mengatakan pihaknya tidak berhadapan langsung dengan segmen bisnis perbankan, tapi melengkapi kebutuhan dari pasar pembiayaan di masyarakat.

"Kami lebih banyak menggarap segmen usaha kecil menengah yang tidak bisa digarap perbankan karena misalnya tidak memiliki jaminan kredit atau colateral, dan kami juga sudah bekerja sama dengan perbankan dalam hal penyaluran pendanaan dengan skema chanelling," ujar dia.

Dengan begitu, dia meyakini angka inklusi keuangan di Tanah Air khususnya ekonomi syariah bakal terus mengalami kenaikan ke depannya.

 

Foto: Ist.

Blog terkait

Unduh Sekarang Pinjam Segera
Unduh Sekarang Pinjam Segera