Wapres Bilang Peran Kampus Penting Bagi Ekonomi Syariah

2020-05-14 08:13:31

Banyak perguruan tinggi di Indonesia membuka program studi ekonomi syariah. Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin memberikan apresiasi terhadap perguruan tinggi yang melakukan hal tersebut.

Dengan semakin banyaknya program studi ekonomi syariah di perguruan tinggi, Ma’ruf meyakini bahwa hal tersebut  dapat mengakselerasi pengembangan ekonomi syariah.

Menurutnya, peran perguruan tinggi yang menyelenggarakan prodi ekonomi, juga dapat meningkatkan literasi masyarakat terhadap ekonomi dan keuangan syariah.

Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) itu pun berharap penyelenggaraan pendidikan ekonomi syariah di perguruan tinggi akan semakin inovatif dan mengikuti perkembangan teknologi, serta dinamis dengan tetap mengutamakan prinsip-prinsip utama dalam ekonomi dan keuangan syariah.

Dalam pelaksanaan pembelajaran studi ekonomi syariah, perlu ditanamkannya visi pengembangan dan keuangan syariah sebagai sebuah pilihan rasional bagi masyarakat kepada para mahasiswa.

"Sebab, sebagai pilihan rasional, ekonomi dan keuangan syariah harus memberikan manfaat dan nilai tambah yang lebih baik bagi masyarakat," kata Kiai Ma'ruf di acara talkshow virtual Peluang dan Tantangan Pendidikan Jarak Jauh Program Studi Ekonomi Syariah yang disiarkan kanal Youtube IAEI, dikutip dari Republika, Kamis (14/5/2020).

Tidak hanya itu, ekonomi dan keuangan syariah juga disebutkan dapat menjadi gaya hidup bagi semua orang. Sehingga tidak menjadi hal yang ekslusif, melainkan inklusif dan bersifat universal sesuai dengan prinsip rahmatan lil alamin.

Contohnya makanan halal. Bukan karena sertifikat halalnya semata, tetapi makanan tersebut disebutkan memiliki kualitas yang baik, enak dan bergizi. Demikian halnya yang mengangkut barang dan jasa yang bersertifikat halal.

"Itu semua dpilih karena  kualitas dan keunggulannya bukan hanya sekedar label halal yang direkatkan pada produk tersebut. Dengan demikian produk halal baik barang maupun jasa menjadi inklusif untuk seluruh masyarakat," pungkas dia.

Foto: Ist.

Blog terkait

Unduh Sekarang Pinjam Segera
Unduh Sekarang Pinjam Segera