6 Cara Lunasi Utang dengan Cepat

2020-01-10 14:54:29

Berikut ini 6 cara melunasi utang dengan cepat dari pakar keuangan Amerika, bernama Robert T. Kiyosaki.  

1. Batasi Utang Baru

Apabila saat ini Anda memiliki tagihan kartu kredit yang membengkak, Anda perlu kedisiplinan untuk membereskannya. Langkah pertama agar Anda dapat melunasi utang dengan cepat adalah jangan menambah utang baru. Jika Anda terpaksa harus menggunakan kartu kredit, segera lunasi tagihan baru.

2. Tambah Penghasilan

Langkah kedua adalah cari cara untuk menambah penghasilan Anda, sekitar 2 juta per bulan (US$ 200). Walaupun berat, sebenarnya angka ini adalah angka yang cukup realitis. Anda dan pasangan dapat memulai memanfaatkan toko online, seperti Tokopedia, BukaLapak, GoJek, Agen Properti dan Freelance.

3. Fokus Lunasi 1 Utang

Gunakan tambahan pendapatan sekitar Rp 2 juta per bulan untuk melunasi satu kartu kredit. Sedangkan kartu lainnya Anda dapat membayar minimum plus Rp 200.000 – Rp 500.000. Jika ada beberapa kartu kredit, sebaiknya mulai lunasi utang terbesar atau utang terkecil? Sebenarnya Anda dapat melunasi dari yang paling besar atau paling kecil.

Ada ahli keuangan Amerika bernama Dave Ramsey yang menyarankan agar kita mulai melunasi kartu kredit dengan jumlah tagihan terkecil. Tujuannya agar Anda dapat segera melunasi utang dalam waktu singkat dan menambah rasa percaya diri.

4. Lanjutkan ke Utang Berikutnya

Selamat sampai saat ini Anda sudah melunasi salah satu utang kartu kredit. Nah selanjutnya ikuti pola sebelumnya untuk melunasi utang kartu kredit lainnya. 

5. Bereskan Utang KPR, Kendaraan dan Utang Lainnya

Setelah utang-utang kartu kredit Anda beres, langkah selanjutnya adalah membereskan KTA (kredit tanpa agunan), kredit rumah, kredit kendaraan dan kredit lainnya.

6. Kembali ke Jalan yang Benar dan Bangun Asset

Setelah Anda selesai dengan masalah kredit, Anda dapat mulai untuk membangun kekayaan dengan cara membeli asset. Contoh Anda membeli rumah untuk dikontrakkan, membeli waralaba atau membeli asset.

Memang harus diakui keenam langkah di atas memerlukan komitmen, kerja keras dan disiplin. Kerja keras Anda akan terasa, setelah Anda merasakan kondisi bebas utang. Jadi mari kita mulai lunasi utang-utang dari hari ini.


Foto: Istimewa







Blog terkait

Unduh Sekarang Pinjam Segera
Unduh Sekarang Pinjam Segera